detikHot

celeb

Ini Trik Pangeran William saat Gugup Pidato di Depan Umum

Jumat, 29 Mei 2020 08:00 WIB Devy Octaviany - detikHot
Pangeran William dan Kate Middleton Foto: Instagram @kensingtonroyal
Jakarta -

Sebagai keturunan kerajaan Inggris, Pangeran William menjadi tokoh yang kerap diundang di banyak kesempatan. Tak sedikit ia harus tampil di muka publik.

Dalam sebuah tayangan dokumenter, putra sulung Pangeran Charles ini buka suara soal bagaimana ia sebenarnya memiliki sindrom kecemasan. Ia tak menampik kerap gugup tampil di muka umum.

Untuk menutupi rasa gugupnya tersebut, William punya rahasia tersendiri. Ia mengatakan tak ingin bisa melihat wajah audiens di depannya.

"Makanya aku seringkali tak memakai lensa kontak ketika aku berpidato. Agar aku hanya dapat melihat wajah-wajah buram yang tengah memperhatikanku bicara," ungkap William dalam pengakuannya.

Yang terpenting dirinya masih dapat membaca teks pidato di hadapannya. Hal ini dikatakan William amat membantu melepaskannya dari rasa cemas berlebihan.

"Aku bisa membaca naskah pidatoku tapi aku tak bisa melihat jelas apa yang terjadi di ruangan yang aku hadiri. Dan ini benar-benar cara paling tepat buatku mengatasi kecemasan," pungkasnya.




Simak Video "Ratu Elizabeth Gelar Pertemuan Keluarga Usai Pangeran Harry 'Pamit'"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com