Begini Awal Mula Muncul Kabar Hoax Mamah Dedeh Meninggal

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 27 Mei 2020 14:04 WIB
mamah dedeh
Mamah Dedeh / Foto: Widiya Wiyanti
Jakarta -

Publik dikagetkan dengan kabar simpang siur terkait pendakwah Mamah Dedeh. Ada yang menyebut Mamah Dedeh meninggal dunia. Belakangan, kabar itu dipastikan tidak benar.

Lalu, dari mana awal mula beredarnya kabar ini?

Ustaz Yusuf Mansur mengatakan ini berawal dari kabar duka wafatnya seorang tokoh bernama Dedeh. Namun, dia bukanlah Mamah Dedeh.

"Adapun yang wafat, memang ada Mamah Dedeh juga. Tapi Kwarda Pramuka Banten," tulis Ustaz Yusuf Mansur di Instagram, Rabu (27/4/2020).

Ditelusuri di akun Instagram Kwarda Banten, tokoh yang meninggal ialah Hj Dedeh Syahrawati, istri Mohammad Masduki yang merupakan Ketua Kwarda Banten. Beliau meninggal dunia pada Selasa (26/5) malam di RS Eka Hospital BSD.

Ustaz Yusuf Mansur menduga ada yang salah baca lalu langsung menyebarkan kabar ini dengan narasi yang salah. Karena nama yang sama, lalu Mamah Dedeh disangka meninggal.

"Agaknya dari sini muncul kesalahan baca. Khasnya Indonesia dah. Sebagiannya nggak mau baca. Langsung share-share gambar. Ternyata bukan Mamah Dedeh di TV," ungkapnya.

Ustaz Yusuf Mansur sendiri langsung menghubungi Mamah Dedeh lewat telepon begitu kabar ini beredar. Mamah Dedeh mengangkat telepon dan menyambut dengan tawa.

"Ceria. Sehat banget. Khasnya Mamah Dedeh. Ketawa-ketawa renyah. Happy," katanya.



Simak Video "Ustaz Yusuf Mansur Pastikan Kabar Mamah Dedeh Meninggal Tidak Benar"
[Gambas:Video 20detik]
(imk/wes)