detikHot

celeb

Profil Mamah Dedeh yang Dikabarkan Meninggal Dunia Padahal Sehat

Rabu, 27 Mei 2020 13:16 WIB Lusiana Mustinda - detikHot
mamah dedeh Mamah Dedeh. Foto: Widiya Wiyanti
Jakarta -

Pada Rabu (27/05/2020) netizen dikagetkan dengan kabar Mamah Dedeh meninggal dunia. Kabar ini tersebar luas dan menyebutkan Mamah Dedeh meninggal karena sakit.

Tulisan kabar tersebut berbunyi, "Innaa lillaahi wa inna illaihi Roojiuun.. Telah berpulang ke Rahmatullah Ustazdah tercinta panutan muslim tanah air, MAMAH DEDEH pada hari selasa tanggal 26 Mei 2020 , pukul 22.28 WIB ,karena sakit di EKA HOSPITAL BUMI SERPONG DAMAI TANGERANG BANTEN."

Namun kenyataannya informasi tersebut adalah hoax. Hingga saat ini keadaan Mamah Dedeh baik-baik saja. Bahkan Ustaz Yusuf Mansur pun sudah mengkonfirmasi Mamah Dedeh langsung.

"Beredar berita pagi ini bahwa Mamah Dedeh meninggal dunia dan cukup meluas kabarnya. Saya sedih, saya kemudian bilang istri nyalain tv kemudian langsung ngebel nomornya Mamah Dedeh. Dan alhamdulillah beliau masih hidup haha. Senangnya ya Allah," ujar Yusuf Mansur kepada detikcom, Rabu (27/5/2020).

Seputar Mamah Dedeh , ini profil serta perjalanan karier ustazah yang terkenal ceria ini:

1. Nama Lengkap


Mamah Dedeh memiliki nama asli Dedeh Rosidah. Ia lahir di Ciamis 5 Agustus 1951. Mamah Dedeh menjadi penceramah di salah satu program televisi yang identik dengan jargon 'Curhat Dong, Mah'. Wanita asal Ciamis, Jawa Barat ini dikenal oleh publik melalui program dakwahnya.

2. Lulusan UIN


Mamah Dedeh mengisi ceramah dari satu daerah ke daerah lainnya pun telah dilakoni sejak kuliah pada tahun 1967. Mamah Dedeh ini merupakan lulusan IAIN yang kini namanya UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat.

3. Keluarga Pendakwah


Kepiawaiannya dalam berdakwah ternyata sudah diasah sejak kecil. Mamah Dedeh terlahir dari keluarga yang kental dengan ke-Islaman. Ayahnya adalah seorang kiai dan sering ikut sang ayah mengisi ceramah-ceramah.

4. Dakwah di Radio


Setelah lulus kuliah di Institut Agama Islam Negeri (yang kini menjadi Universitas Islam Negeri) Syarief Hidayatullah, karier dakwah Mamah Dedeh berlanjut ke radio. Ia pernah diminta komedian legendaris Benyamin Sueb untuk siaran di radionya yakni Bens Radio.

Ketika itu, Bens Radio membutuhkan pendakwah perempuan makanya tertarik dengan Mamah Dedeh. Saat siaran, ceplas-ceplos Mamah Dedeh sudah begitu akrab di telinga pendengar.

5. Bersedekah


Menjadi pendakwah yang populer membuat rezeki Mamah Dedeh lancar. Mamah Dedeh pun tetap memberikan rezekinya kepada orang yang mampu. Bahkan Mamah Dedeh membeli beras hingga 200 karung untuk diberikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan.






Simak Video "Ustaz Yusuf Mansur Pastikan Kabar Mamah Dedeh Meninggal Tidak Benar"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com