detikHot

Round-Up

Perjalanan dr Tirta Jadi Mualaf

Selasa, 26 Mei 2020 06:02 WIB Tim Detikhot - detikHot
Dokter Tirta Foto: Instagram @dr.tirta
Jakarta -

Belakangan ini nama dr Tirta menjadi perbincangan Tanah Air. Pria yang berprofesi sebagai dokter itu kerap lantang meneriakkan perlawanan dalam menghadapi COVID-19.

Di hari raya Lebaran tahun ini, perjalanan dr Tirta menjadi mualaf terungkap. Ia memutuskan memeluk agama Islam sejak tahun 2011.

Sejak kecil, tak ada satu agama yang fokus diyakininya. Ia bebas belajar agama apa pun dan sudah belajar dua agama orang tuanya.

Ayah dr Tirta beragama Islam dan ibunya Tionghoa. Perbedaan budaya dan agama tak membuat keluarga besarnya terpecah belah.



"Dari SD aku ke TPA. Tapi, Minggu aku sekolah minggu. Di situlah aku mengenal toleransi, karena aku mengenal banyak orang dari kecil," ucapnya.

Perjalanannya menjadi mualaf 8 tahun yang lalu itu bermula dari sebuah hidayah. dr Tirta tak menyangka ia mendapatkan petunjuk dari Tuhan lewat sebuah mimpi.

Di mimpinya, dr Tirta melihat dirinya berbaring dan dijaga dua orang berpakaian serba putih. Tak disangka, seorang kyai mengatakan sebuah pesan kalau suatu hari nanti dr Tirta akan mengemban tugas yang besar.

Hidayah lainnya didapatkan ketika ia mendengarkan suara azan selama 7 hari berturut-turut.




Simak Video "Dokter Tirta Bicara New Normal: Covid-19 Tak Bisa Hilang Total"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com