detikHot

celeb

dr Tirta Tanya soal Konspirasi Corona yang Digemborkan, Apa Penjelasan Jerinx?

Senin, 25 Mei 2020 06:03 WIB Pingkan Anggraini - detikHot
Jerinx SID saat ditemui di kawasan Epicentrum. Jerinx / Foto: Ismail/detikFoto
Jakarta -

Jerinx SID kembali menjelaskan terkait dugaan adanya konspirasi di balik kasus pandemi COVID-19 di Tanah Air. Kali ini, ia pun kembali berdiskusi dengan dr Tirta di Live Instagram.

Sebelum Jerinx menjelaskan kembali konspirasi yang dimaksud, dr Tirta pun mengaku masih bingung dengan statemen tersebut.

"Konspirasi apa yang mau diangkat sama bli tentang COVID di Indonesia ini yang saya bingung dari tadi. Indonesia itu sebenarnya terlibat konspirasi apa nggak?" tanya dr Tirta kepada Jerinx, Minggu (24/5/2020).

"Kalau saya pikir beberapa elitenya ada ya terlibat," jawab Jerinx.

"Siapa tuh? Soalnya saya nggak tahu, bisa disebutkan," lanjut dr Tirta.

Live Instagram Jerinx dan dr Tirta (Screenshot)Live Instagram Jerinx dan dr Tirta (Screenshot) Foto: Live Instagram Jerinx dan dr Tirta (Screenshot)

Jerinx pun mulai menjelaskan dan merasa salah satu dugaan konspirasinya oleh pemegang saham bisnis. Dia membawa-bawa sosok elite global.

"Semua bisnis akan diintegrasikan menjadi digital. Jadi siapa sekarang pemain-pemain e-commerce terbesar, ya lihat sendiri. Kan pendanaan semua e-commerce kan nggak semuanya punya orang Indonesia," tuturnya.

Baginya, ia selalu membahas konspirasi atas dasar ingin memberikan harapan kepada masyarakat. Ia juga menduga adanya konspirasi yang terjadi pada lingkar media internasional sehingga mempengaruhi informasi dan pola pikir masyarakat terkait COVID-19.

"Kalau saya membahas konspirasi itu kayak saya ingin memberi harapan penyakit ini tidak mengerikan seperti yang digembar-gemborkan," jelasnya.

"Jadi media Internasional, mereka dimiliki oleh enam perusahaan besar dan mereka mengatur sirkulasi informasi di dunia. Nah kalau bisa mengatur itu, kamu bisa mengatur persepsi, kalau kamu bisa mengatur persepsi, kamu bisa mengatur reality. Itulah sengaja mengangkat tema konspirasi ini supaya masyarakat bisa melihat dengan kacamata yang berbeda. Jadi sekarang kan media memberi masyarakat kacamata, padahal kita sebagai masyarakat punya pilihan," papar Jerinx.




Simak Video "Akun @JRXSID_Official Dilaporin Polisi, Ini Kata Jerinx 'SID'"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com