detikHot

celeb

Jerinx Tanya Peran Psikolog Untuk Pasien COVID-19, dr Tirta Menjawab

Minggu, 24 Mei 2020 22:25 WIB Pingkan Anggraini - detikHot
a dr Tirta / Foto: instagram
Jakarta -

Jerinx kembali membuka diskusi perihal COVID-19 bersama dr Tirta. Kali ini, ia turut mempertanyakan peran psikolog yang diperkirakan dapat membantu psikis dari pasien COVID-19 maupun masyarakat.

Dengan banyaknya pemberitaan terkait COVID-19, Jerinx merasa kasus kali ini juga menyerang psikis masyarakat termasuk pasien positif COVID-19.

"Ini menurut saya wabah psikologis juga. Banyak orang merasa buntu, sampai ada yang pasien mau lompat dari lantai empat gitu kan. Nah yang kayak gini, kenapa tidak bekerjasama dengan psikologis juga?" tanya Jerinx dalam live Instagram, Minggu (24/5/2020).

"Banyak orang-orang yang berdiam diri di rumah, menonton televisi dan pemberitaan terkait COVID-19. Berita-berita yang menyeramkan dan membuat masyarakat jatuh sakit," tambah Jerinx.

Atas pertanyaan itu, dr Tirta pun menjawabnya. Ia menyebut peran psikolog telah dikerahkan sejak lama.

"Untuk psikolog, itu sudah bli jadi sekarang ada namahya nomer 117 dan 119 itu kalau kita call itu layanan psikologi," jawab dr Tirta.

Jerinx SID / Jerinx SID / Foto: Ismail/detikFoto

Lebih lanjut, dr Tirta turut menjelaskan di hari psikolog minggu depan, akan mengerahkan psikolog Indonesia untuk membantu meringankan beban psikis masyarakat dan pasien COVID-19.

"Terus kedua, minggu depan itu ada hari psikologi. Benar-benar seminggu penuh untuk membantu masyarakat yang terkena psikologis itu tidak melalukan aksi-aksi yang berbahaya," tutur dr Tirta.

"Dan kalau nggak salah, ada influencer itu yang ikut juga Awkarin. Jadi emang itu bener (perihal program) psikologi," tutup dr Tirta.




Simak Video "Akun @JRXSID_Official Dilaporin Polisi, Ini Kata Jerinx 'SID'"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com