detikHot

celeb

'Solo Gudangnya Musik Humor'

Jumat, 22 Mei 2020 17:10 WIB Dian Utoro Aji - detikHot
Udin Penyok Foto: Udin Penyok
Solo -

Meski tahun ini Publik figur Udin Penyok tidak bisa mudik ke Solo. Tetapi aktor film memiliki nama asli Ardian Listya Tosana memiliki kesan tersendiri terkait musik humor. Solo kata dia sebagai gudangnya musik humor.

"Kalau menurut saya musik humor memang kalau dibilang markas itu yang memiliki penghasilan paling besar adalah di Solo. Sampai sekarang," kata saat berbincang-bincang pada acara pulang kampung digital yang digelar detikcom pada Jumat (22/5/2020).

Ia mengatakan, musik humor akan beda satu dengan yang lain jika musik humor muncul dari Solo. Menurutnya musik humor dari Solo sangat berbeda dengan musik humor dengan daerah lain.

"Jangan menurut saya akan sangat beda. Pemahaman musik humor di Solo berbeda dengan daerah lain," jelasnya.

Pria kelahiran Nganjuk ini mengatakan di Kota Solo ini sebagai basisnya musik humor. Bahkan musik humor yang berasal dari Jakarta main ke Solo pasti grogi. Karena di Solo merupakan tempatnya musik humor.

"Musik humor dari Solo muncul maka satu tidak ada sama dengan musik dengan lain. Solo bisa dikatakan basisnya musik humor. Musik humor kota mana, misalnya Jakarta mau main ke solo mesti keringet, buntet habis. Main musik humor kandangnya musik humor di Solo," katanya.

Meskipun demikian, kata dia apabila pemusik humor dari Solo jika merantau ke Jakarta harus mempertahankan khas dari Solo. Jangan malahan meninggalkan khas kedaerahan.

"Cuman ada beberapa masukan ketika mau ke Jakarta. Jangan meninggalkan ke daerahannya tetapi harus berbaur dengan di nasional. Tapi jangan meninggalkan ke daerahannya. Misalnya 70 bahasa dan 20 persen pakai bahasa Jawa Ndak masalah. Itu masih bisa diterima," tandas aktor kebanggaan bangsa ini.




Simak Video "Udin Penyok Rela Tak Mudik Meski Kangen Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com