detikHot

celeb

Saran YouTuber Delfano Charies Bagi yang Mualaf

Sabtu, 16 Mei 2020 04:27 WIB Mauludi Rismoyo - detikHot
Youtuber Foto: dok. Instagram Delfano Charies
Jakarta -

YouTuber Delfano Charies menjalani Ramadhan pertama di tahun ini. Ia diketahui memang telah menjadi mualaf beberapa bulan yang lalu.

Fano kemudian mengaku banyak netizen yang bertanya soal respons orang tua saat memutuskan untuk pindah keyakinan. Dengan senang hati, ia menjawab pertanyaan tersebut.

"Gimana cara ngomong ke orang tua saat kita mualaf karena pasti kan dia bingung dan takut banget? Itu emang pikiran yang susah sama kayak aku takut melukai mama kita, melukai hati keluarga kita, itu pasti kalian rasakan dan itu yang aku rasakan," ujarnya dalam video.

Fano mengaku merasakan apa yang warganet alami saat takut terbuka terkait mualaf. Sebab, ia pun merasakan hal yang sama.

"Aku ngejawab pertanyaan ini karena aku tahu rasanya kebingungan setengah mati gimana rasanya. Ya kayak di-press banget, nggak tahu harus ngapain, tapi di sini kita nggak boleh berubah, tapi di lain sisi ada sesuatu yang harus dikorbankan. Aku tahu yang kamu rasain," ucapnya.

Fano menceritakan pengalamannya saat memberitahukan ibundanya usai menjadi mualaf. Ia beruntung bisa lahir di tengah keluarga yang berpikiran terbuka.

"Aku ceritain pengalaman aku ya. Aku nggak tahu pasti gimana cara solusinya, tapi aku cerita apa yang sudah aku alamin. Aku beruntung banget lahir di keluarga yang open minded dan mamaku adalah wanita yang sangat luar biasa. Jadi aku tahu aku membuat mamaku sedih, cuman dia bener-bener mau nerima aku, nerima segala yang aku putuskan dan mama aku berjiwa besar untuk itu," tuturnya.

Fano terus terang dan jujur merunutkan perjalanannya menjadi mualaf ke ibunya. Saat itu, katanya, orang tuanya nangis. Namun, ia bersyukur setelahnya ibunya menerima keputusannya.

"Aku ngomong, ma aku begini, aku ngomong apa adanya yang aku rasain, aku ngapain, aku belajar sudah berapa tahun, mamaku nangis, sedih, hatinya hancur. Di situ juga aku sedih, nangis, dan aku berdoa ke Allah. Akhirnya mama bisa nerima dan kembali normal. Aku bisa sayang mama, mama tetap sayang sama aku. Tidak ada yang berubah dari ini," katanya.

Makanya, Fano menyarankan bagi yang baru menjadi mualaf untuk tak takut mengutarakan kejujuran. Soal respons orang tua, ia meminta mereka untuk memasrahkan hal tersebut kepada Tuhan.

"Jadi ngomong dulu ke orang tua, baik atau buruk nanti serahin ke Allah," pungkasnya.




Simak Video "Sherina Munaf hingga Jefri Nichol Tanggapi Soal Kalung Antivirus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com