Bicara Spiritualitas, Iwa K Ibaratkan Perjalanan Hidup Sebagai Pohon

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHot
Rabu, 13 Mei 2020 18:45 WIB
Mola TV
Foto: Dok. Mola TV
Jakarta -

Banyak hal yang dapat mempengaruhi spritualitas seseorang. Mulai dari perjalanan hidup orang tersebut, hingga pencarian soulmate maupun jati diri.

Berbicara mengenai spritualitas, rapper Iwa K membeberkan bahwa ia memiliki anggapan konyol mengenai bagaimana perjalanan hidup diibaratkan.

"Gue kadang-kadang melihat sesuatu itu emang kayak pohon, perjalanan hidup kita gitu. Ketika lo tumbuhnya ke kiri, lo di kiri ini ada konsekuensinya yang akhirnya menimbulkan cabang-cabang juga. Sama seperti ketika lo tumbuh di kanan, ada cabangnya juga," jelas Iwa K.

Menurut Iwa K, setiap orang adalah spiritual being karena semua orang memiliki hati nurani antara baik ataupun buruk. Ia pun menjelaskan apa arti spiritual menurut dirinya.

"Gue ngerasa setiap orang adalah spiritual being, karena setiap orang pasti punya nurani antara good or bad. Hal-hal yang menjadikan penilain-penilian orang murni ya tanpa doktrin apapun, that's Spiritual," jelas Iwa K.

Iwa K juga mengungkapkan bahwa ia percaya yang menentukan cabang-cabang tersebut adalah kita sebagai perjalanan hidup. Namun tentunya yang membuat seluruh kehidupan kita adalah Tuhan.

"It's our journey (cabang-cabang kehidupan). God itu yang create semuanya. Yang ada di benak kita itu adalah sesuatu yang tercipta, God itu pencipta nggak mungkin ada disini (menunjuk ke kepala) tetapi ada di sini (menunjuk ke hati)," tegas Iwa K.

Obrolain lain mengenai kehidupan Iwa K dapat dilihat dalam program Dinner With Sophia yang tayang di Mola TV. Dalam acara itu, Sophia Latjuba sebagai host, membicarakan topik menarik seputar karir dan perjalanan hidup dari Iwa K.

Tayangan Dinner With Sophia dan acara lain di Mola TV bisa disaksikan dalam paket langganan Corona Care Mola TV yang dapat diakses dengan cara berdonasi mulai dari Rp 0 hingga Rp 5 juta. Melalui program Corona Care, Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli membantu pemerintah melawan wabah virus COVID-19 di Indonesia.

Nantinya setiap sumbangan tersebut akan digandakan Mola TV dan disalurkan kepada BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan melawan wabah virus Corona.



Simak Video "Haaland 2 Gol, Dortmund Bekuk Freiburg 4-0 "
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)