Awal Mula Adi Kurdi Idap Tumor Otak

Asep Syaifullah - detikHot
Sabtu, 09 Mei 2020 13:34 WIB
Adi Kurdi meninggal / Foto: Antara / Ilustrasi:  Andhika Akbarayansyah
Foto: Adi Kurdi meninggal / Foto: Antara / Ilustrasi: Andhika Akbarayansyah
Jakarta -

Adi Kurdi meninggal dunia pada Jumat (8/5) di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional pukul 11.30 WIB. Itu terjadi setelah mengidap tumor otak.

Sang istri, Barnadetta Siti Restyastuti, menceritakan awal mula bintang 'Keluarga Cemara' mengidap penyakit tersebut. Keluarga sempat curiga dengan kesehatan aktor berusia 71 tahun tersebut, karena keseimbangannya dan kemampuan bicaranya yang terganggu.

Namun, mereka mengira itu adalah efek dari penyakit Glukoma yang menghilangkan penglihatannya sejak 2007 lalu.

"Ketahuannya itu tidak sakit, cuma kalau ngomong berpikirnya loncat-loncat dan tidak ada keseimbangan. Kita kira karena pengaruh penglihatan. Tidak pusing, tidak kenapa-kenapa," ujarnya saat ditemui di pemakaman di Bengkel Teater WS Rendra, Cipayung, Depok, Sabtu (9/5).


Namun, tiba-tiba saja pemilik nama lengkap Agustinus Adi Kurdi itu pingsan saat tengah makan siang bersama keluarganya belum lama ini. Dari kejadian tersebut baru diketahui beliau memilik tumor di bagian kiri otak depannya.

"Tapi tiba-tiba waktu makan siang dia langsung pingsan. Kita bawa ke Pusat Otak Nasional, ternyata ada masa di otak sebelah kiri, jadi seperti itu. Cepat sekali cuma seminggu, otaknya tak bisa kontak dengan organ tubuhnya," kenangnya.

Adi Kurdi meninggal dunia di usia 71 tahun. Ia dikenal sebagai salah satu aktor senior yang sudah membintangi puluhan film.

Sebelum membintangi 'Keluarga Cemara', Adi juga sempat bermain di film 'Gadis Penakluk' yang masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun 1981.



Simak Video "Ringgo Agus Rahman Kehilangan Sosok Abah Adi Kurdi"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/mau)