detikHot

Round-Up

Di Balik Nama Didi Kempot, 'Godfather of Broken Heart', dan Sobat Ambyar

Selasa, 05 Mei 2020 22:04 WIB Tim detikcom - detikHot
Warga memasuki gerbang Keraton Solo, Jawa Tengah. Didi Kempot / Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Jakarta -

Kepergian Didi Kempot untuk selamanya meninggalkan sederet cerita. Termasuk tentang kisah di balik sederet sebutan untuknya.

Berikut sekelumit cerita tentang sejarah nama 'Kempot', julukan 'The Godfather of Broken Heart' hingga sapaan 'sobat ambyar' untuk para penggemarnya:

Sejarah Nama Didi Kempot

Kempot adalah nama yang diperoleh Didi sebagai nama panggung. Dalam sebuah wawancara, Didi Kempot mengisahkan, ia mengawali kariernya itu dengan mengamen.

Ia kerap mengamen secara berkelompok dengan sebutan Kelompok Penghuni Trotoar, yang disingkat menjadi Kempot. Dari situlah pria kelahiran 31 Desember 1966 tersebut mendapatkan nama Kempot sebagai nama panggungnya.

Kerabat menabur bunga di atas pusara almarhum penyanyi campursari Dionisius Prasetyo atau Didi Kempot sesuasi dimakamkan  di Tempat Pemakaman Umum Desa Majasem, Ngawi, Jawa Timur, Selasa (5/5/2020). Didi Kempot meninggal di Solo, Jawa Tengah pada usia 53 tahun. ANTARA FOTO/Joni Pratama/zk/hp.Kerabat menabur bunga di atas pusara almarhum penyanyi campursari Dionisius Prasetyo atau Didi Kempot sesuasi dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Desa Majasem, Ngawi, Jawa Timur, Selasa (5/5/2020). Didi Kempot meninggal di Solo, Jawa Tengah pada usia 53 tahun. ANTARA FOTO/Joni Pratama/zk/hp. Foto: ANTARA FOTO/Joni Pratama

Julukan 'The Godfather of Broken Heart'

Julukan 'The Godfather of Broken Heart' atau bapak patah hati muncul karena lagu-lagu dan lirik yang diciptakannya tak sedikit yang berkaitan dengan patah hati. Menandai betapa lagu-lagunya mewakili rasa patah hati, para pendengar setianya menamai diri mereka sebagai Sad Boys dan Sad Girls.

"Ini efek dari lagu yang sudah saya ciptakan 30 tahun lalu. Banyak anak muda yang baru tahu lagu-lagu itu buatan saya," kata Didi Kempot dalam sebuah wawancara pada 2019.

Photo Gallery
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kangen Didi Kempot, Anak Sulungnya Pakai Baju Mendiang "
[Gambas:Video 20detik]

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com