ADVERTISEMENT

Round-Up

Duka Indonesia Kehilangan Lord Didi Kempot untuk Selamanya

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 05 Mei 2020 18:55 WIB
Warga memasuki gerbang Keraton Solo, Jawa Tengah.
Duka Indonesia Kehilangan Lord Didi Kempot untuk Selamanya (Didi Kempot / Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta -

Hari ini, Indonesia berduka. Mulai dari selebritas, seniman, politikus, kepala negara, dan para penggemar sama-sama ambyar saat Didi Kempot tutup usia.

Didi Kempot meninggal dunia pagi tadi, tepatnya pukul 07.45 WIB di RS Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah. Dia meninggal akibat henti jantung. Jenazahnya kemudian dimakamkan di Ngawi.

Kabar kepergian Didi Kempot itu benar-benar mengagetkan semua kalangan. Didi Kempot tidak hanya dicintai para penggemar campursari yang mengikuti kariernya sejak tahun 1980-an. Anak-anak muda kini pun tak segan menyuarakan patah hati lewat lagu-lagu sang maestro.

Didi Kempot bagai lahir kembali di beberapa waktu terakhir dengan sapaan 'lord', 'The Godfather of the Broken Heart', hingga sebutan sobat ambyar bagi penggemarnya.

Didi Kempot tak hanya dikenang di kalangan seniman. Politikus hingga tokoh agama pun punya ingatan yang berbekas akan sosok pria kelahiran 31 Desember 1966 itu. Bahkan, kabar duka ini sampai ke Suriname, negara tempat Didi Kempot juga punya banyak fans.

Iring-ringan mobil ambulans yang membawa jenazah Penyanyi Didi Kempot melintas di kawasan Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/5/2020).Iring-ringan mobil ambulans yang membawa jenazah Penyanyi Didi Kempot melintas di kawasan Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/5/2020). Foto: Agung Mardika

Berikut beberapa ungkapan duka atas kepergian Didi Kempot:

Presiden Joko Widodo

Presiden Jokowi mengenang konser amal Didi Kempot untuk mengumpulkan donasi bagi warga terdampak Corona hingga soal imbauan jangan mudik. Jokowi pun berduka saat mendegar kepergian Didi Kempot.

"Semoga almarhum mendapatkan tempat nan lapang di sisiNya dan keluarga yang ditinggalkan kiranya diberi kekuatan dan kesabaran," tulis Jokowi di Instagram.

"Selamat jalan "the godfather of broken heart"," sambungnya.

Ketum PP Muhammadiyah

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah turut berbelasungkawa atas wafatnya Didi Kempot. Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menyebut lagu-lagu Didi Kempot sangat mengena.

"Lagu-lagunya mengena, membangkitkan rasa dan semangat hidup yang penuh arti," katanya.

Penggemar Didi Kempot / Penggemar Didi Kempot / Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Ahok

Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), teringat Didi Kempot pernah membuat boneka Jokowi-Ahok saat Pilkada DKI 2012. Kado itu jadi kejutan baginya.

"Saya ingat sewaktu kampanye Pilkada DKI Jakarta tahun 2012, Mas Didi membuat boneka Pak Jokowi dan saya yang disebutnya sebagai kejutan bagi kami karena lolos ke putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2012," ungkap Ahok.

"Sungguh hari ini Indonesia kembali kehilangan seorang maestro musik," sambungnya.

Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut berbelasungkawa atas kepergian penyanyi campursari Didi Kempot. Anies mengatakan dia juga merasakan kehilangan atas kepergian Didi Kempot. Dia mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Patah hati mendalam atas berpulangnya Pakde Didi Kempot," tulis Anies di Twitter.

Via Vallen

Via Vallen mengenang mome pertama bertemu Didi Kempot. Di matanya, Didi Kempot adalah sosok pekerja keras dan sangat baik.

"Krn saya sangaaaat menghargai beliau, dan Saya adalah orang sangat Senang ketika beliau namanya kembali melambung tinggi. Krn sy merasa beliau sangat layak di apresiasi sedemikian rupa," ungkap Via Vallen.

"Tenang di sisi Allah Swt yaa Legend," lanjutnya.

Warga yang bersimpati mendatangi rumah duka mendiang penyanyi Campur Sari Didi Kempot di Banyuanyar, Sumber, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (5/5).Warga yang bersimpati mendatangi rumah duka mendiang penyanyi Campur Sari Didi Kempot di Banyuanyar, Sumber, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (5/5). Foto: Agung Mardika

Gofar Hilman

Penyiar Gofar Hilman pernah mewawancara Didi Kempot di awal fenomena Sobat Ambyar pada 2019 lalu. Wawancara itu menjadi salah satu yang membuat Didi Kempot kembali populer di kalangan anak muda.

Dia sangat kehilangan akan sosok yang sangat membumi itu. Bahkan, Gofar bahkan mengatakan, pria kelahiran 31 Desember 1966 itu terkadang tidak menyadari bahwa dirinya merupakan penyanyi campursari dengan nama besar.

"Dia tuh ramah banget, ramahnya luar biasa, orangnya sangat humble yang pernah gue temuin dan dia nggak sadar kalau dia legend," ungkap Gofar Hilman.

Gus Miftah

Gus Miftah mengatakan Didi Kempot sering mengaji di pondok pesantrennya sebelum viral. Pelantun 'Pamer Bojo' itu bahkan sempat meminta doa ke Gus Miftah agar dikenal.

"Mas... jenengan janji to mau ngaji ke pondok lagi. Sebelum viral, almarhum beserta istri dan crew nya sering Ngaji ke pondok. Sampai suatu saat beliau telp saya 'mbok kulo di dongakke supaya bisa viral to gus'," tulisnya di Instagram.

Tak bisa lagi mengaji bareng Didi Kempot, Gus Miftah begitu sedih. Meski begitu, ia ikhlas ditinggal sahabatnya tersebut.

"Hari ini kamu berpulang mas. Aku nyekseni mas..... jenengan orang baik. Atiku ambyarrrr mas..... tapi aku kudu ikhlas. Selamat jalan sahabatku..... alfatihah," tuturnya.

Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Derry Sulaiman

Ustaz Derry Sulaiman menilai Didi meninggal pada bulan yang baik yaitu saat Ramadhan. Ia pun berdoa yang terbaik untuk almarhum.

"Innalillahi wainnailaihi rajiun... Beliau orang baik... meninggal di bulan baik.... Semoga Allah tempatkan di tempat terbaik," ujarnya.

Tina Toon

Tina mengaku penggemar Didi sejak kecil. Ia bahkan sering menyanyikan lagu Didi sedari dulu.

Tina yang sempat berduet pada 2004 itu mengaku terus mengikuti karya Didi. Tina juga mengaku sering diberikan kesempatan untuk bertemu Didi. Dia senang Didi Kempot tetap mengingatnya.

"Di foto ini ketemu di satu resto di Jakarta , then ak minta selfie trus om Didi masih inget "Mba Tina !!! seng dulu ginuk2" orangnya baik banget n low profile," tulis Tina.

(imk/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT