Cerita Iwan Fals Bikin 11 Lagu Demi Sang Istri Selama 3 Tahun

Reyhan Diandra - detikHot
Sabtu, 02 Mei 2020 12:55 WIB
Iwan Fals
Foto: Mola TV
Jakarta -

Arti belahan jiwa pada setiap orang mungkin berbeda-beda, namun arti cinta sesungguhnya hanya bisa diungkapkan dengan perbuatan bagi sang kekasih. Seperti perjalanan kisah cinta musisi legendaris Indonesia yaitu Iwan Fals dengan istrinya Rosana Listanto atau kerap ia panggil Yos. Dalam perbincangan dengan Sophia Latjudba, Iwan menceritakan kisah awal dirinya yang membuatkan sebuah album cinta untuk sang istri.

"Awalnya sebenarnya dari anak saya yang paling kecil Raya itu. Itu aku bikin lagu buat dia, itu dia seneng tapi dia juga ngomong aku dibikinin lagu tapi kok mama engga," ungkap Iwan.

Iwan pun menceritakan bahwa ia sempat berpikir mengapa dirinya hanya membuat album tentang Bung Karno, namun sang istri malah belum sempat untuk dibuatkan.

"Kenapa kok orang yang setiap hari tidur sama saya hampir 40 tahun, belum pernah saya bikin lagu secara khusus. Itu sekitar 3 hingga 4 tahun lalu saya pikir seperti itu," terang Iwan. Dari situlah Iwan menceritakan kepada anaknya yaitu Cikal bahwa ia ingin membuatkan sebuah album khusus untuk sang istri tercinta.

"Saya bilang ke anak saya Cikal, Kal kalau gitu aku mau bikin album buat mama kamu. Terus kasih aku waktu 3 tahun lah gitu," imbuhnya.

Iwan mengungkapkan ada 11 lagu yang dibuat dalam album berjudul "Rosana" sama seperti nama sang pujaan hati. Ia pun menceritakan bagaimana proses pembuatan lagu tersebut.

"Ada 11 lagu yang ada di album ini. Sekitar bulan puasa tahun 2018 saya kebetulan ada tendon putus, jadi saya diharuskan untuk menjalani operasi. Kemudian dalam kondisi pemulihan itu, biasalah saya kadang-kadang tulis atau apa gitu. Lalu jadilah catatan-catatan kecil yang kemudian jadi album," jelas Iwan.

Lalu Iwan juga sempat berbagi perspektifnya mengenai cinta kepada Sophia. Iwan mengatakan bahwa arti cinta sebenarnya luas dan memiliki banyak arti.

"Rupanya kan cinta gak melulu tentang cinta, di dalamnya ada kesadaran, ada kesabaran, ada keberanian, dan ada komitmen," ungkap Iwan.

Iwan Fals pun menceritakan berbagai perjalanan hidup lainnya selama menjadi seorang musisi di Tanah Air. Perbincangannya dengan Sophia Latjuba juga berlanjut mengenai keluarga, arti kehidupan, dan masih banyak lagi. Penasaran bukan dengan cerita dari musisi legendaris ini? Jangan kelewatan, Anda masih dapat menyaksikan obrolan Iwan Fals dengan Sophia Latjuba melalui acara Dinner With Sophia: Iwan Fals yang bisa disaksikan di Mola TV.

Semua itu dapat dilihat dengan paket Corona Care Mola TV. Ini adalah suatu program yang di mana Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli melalui Corona Care, sebuah program yang bertujuan untuk membantu pemerintah melawan wabah virus Corona di Indonesia.Program ini dapat disaksikan juga dengan memberikan sumbangan yang beragam mulai dari Rp 0 melalui donasi doa hingga Rp 5 juta. Setiap sumbangan tersebut nantinya akan digandakan oleh Mola TV kemudian disalurkan kepada BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan melawan wabah virus COVID-19.



Simak Video "Ultah ke-59, Ini Makna 'Legendaris' Bagi Iwan Fals"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)