detikHot

celeb

Diskusi Jerinx dan dr Tirta soal Konspirasi Corona

Rabu, 29 Apr 2020 20:50 WIB Tim detikhot - detikHot
jerinx Jerinx dan dr Tirta berdiskusi soal teori konspirasi corona Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Jerinx akhirnya berdiskusi secara live di Instagram dengan dr Tirta soal konspirasi Corona. Bagaimana isi diskusi tersebut?

Diskusi itu berjudul 'Diskusi Teori Konspirasi X Realita Rumah Sakit bersama JRX dan Dr. Tirta'. Pertama-tama mereka saling basa-basi memamerkan minuman untuk menemani diskusi.


Setelah sepuluh menitan, perbincangan mereka mulai bergerak ke arah poin diskusi soal virus Corona. Kebanyakan diskusi diisi dengan santai.

"Misal kalau orang sakit jantung, dia meninggal, kebetulan dia punya corona, anggaplah corona seperti, kita pakai analogi yang gampang orang visual, kita pakai jerawat. Ada orang sakit jantung, terus dia jerawat terus dia meninggal, terus sakit dia ada jerawat juga. Ada nggak narasi kalau dia punya jerawat udah pasti karena itu?," kata Jerinx.

"Dari 20 pasien yang positif COVID, 80 persen bergejala ringan, 20 bergejala berat. Ibaratnya, analaoginya lagi naik mobil, tapi ban kita alurnya sudah halus, sudah bahaya. COVID-19 itu olinya, sisanya tergantung antibodinya. Kalau statement COVID-19 itu nggak sendirian aku setuju," tutur dr Tirta.

"Temen-temen saya di Italia, aman. Berita terlalu melebih-lebihkan, tahun-tahun lalu juga kematian segitu, mungkin tahun ini agak tinggi. Para manula ini terlalu banyak yang stres," tutur Jerinx.

"Kita di sini nggak debat, judulnya diskusi. Awal mula tertarik karena konspirasi soal alasan, yang kedua soal narasi media, ibaratnya, orang naik motor ada potensi kecelakaan dan itu angka kematian tinggi. Terus yang terjadi, kalau kita naik motor belum tentu kita mati karena pakai helm, yang terjadi di COVID-19 itu ada risiko danger, yang penting adalah orang kena belum tentu mati, bisa selamat. Narasi selamat ini nggak digoreng," kata dr Tirta.

"Kenapa seolah-olah ada narasi, harapan itu dikubur, ketakutan itu dipupuk. Orang yang tak suka teori konspirasi karena biasanya orang yang sudah nyaman," kata Jerinx.

"Yang menimbulkan keresahan karena pasien nggak jujur, ada jenazah ditolak. Sampai aku merasa sendiri, pulang ke komplek diusir," tutur dr Tirta.

Diskusi itu muncul setelah Jerinx bikin geger soal teori konspirasi corona. Suami Nora Alexandra Philip itu bahkan salah satunya mengaku berani disuntik virus COVID-19, kalau ada yang menantangnya.


"Selamat pagi. Jika ada yg menantang saya ke RS untuk berinteraksi dengan pengidap covid, atau menantang saya disuntik virus covid, saya akan terima tantangannya dengan syarat," tulis Jerinx.

Menurut Jerinx, jika tak ada perbincangan antara Deddy Corbuzier dan Young Lex, diskusi seperti itu tak akan terjadi.

"Ketika Young Lex bicara soal teori konspirasi, orang anggap sebagai lelucon. Stigma soal teori konspirasi di Indonesia itu tidak efektif. Satu flat earth, ketika hendak meyakinkan orang-orang, mereka seharusnya tidak memakai flat earth society. Itu seperti mereka nembak tapi kena kaki sendiri," tutur Jerinx.




Simak Video "Jerinx Resmi Jadi Tersangka Kasus 'IDI Kacung WHO'"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com