Chandra Liow Ikut Puasa, Bukan Ramadhan Pertamanya

Mauludi Rismoyo - detikHot
Minggu, 26 Apr 2020 13:45 WIB
YouTuber Chandra Liow doyan es krim
Foto: Instagram @Chandraliow
Jakarta -

Chandra Liow menceritakan permasalahan hidup yang terjadi di channel YouTube-nya. Ia menjelaskan satu setengah bulan ini sengaja menghilang dari media sosial.

Penyebab pertama, Chandra sedih dan sebal film perdananya 'Bucin' terpaksa diundur imbas pandemi Corona. Lalu ia merasa susah membayar gaji tim YouTube-nya karena permasalahan virus tersebut.

"Semua berawal dari bulan Maret lalu di mana masa pandemi ini baru mulai. Gue harusnya ada film 'Bucin' yang sudah susah payah gue buat, sangat paham kenapa harus ditunda karena prioritas utama sekarang kesehatan dan keselamatan masyarakat. Itu bermasalah banget buat gue, kepikiran banget soal itu. Gue ngerasa sedih, sulit," ujarnya.

"Kedua, di masa pandemi ini susahnya kita sebagai leader tim 2 one production harus punya tanggung jawab untuk gaji teman-teman kerja gue. Gue ngerasa harus tanggung jawab di masa susah ini. Dan masalah lain lagi jadi satu dalam otak Chandra Liow."

Dari situ, Chandra Liow mengalami stres. Beberapa minggu ia merasa otaknya tak sinkron, padahal badannya fit.

Sampai akhirnya sang YouTuber menemukan jalan keluar menenangkan hidupnya. Ia menyebut puasa adalah kunci.

"Itu yang gue pakai buat obat masa sekarang yang bisa nenangin hidup gue sekarang dan itu cukup terbukti walaupun baru sehari. Gue dapat rasanya hidup lagi. Gue ngerasa nahan lapar itu bisa nge-distract masalah gue," ucapnya.

Lewat puasa, Chandra Liow bisa memulihkan dirinya lagi. Ia berjanji bakal menjalankan puasa selama sebulan penuh, seperti umat Islam di dunia.

"Di saat gue buka rasanya this is it, makan dan lega. Ini dia momen yang gue pakai untuk puasa lagi satu bulan full untuk bisa recover diri gue. Rasa dapat amal ibadahnya itu berasa banget. Gue ngerasa setelah puasa dapat amal, kayak ada rasa menang achieve sesuatu gitu yang buat lo puas. Gue bersyukur sekali, gue senang banget ada cara, solusinya bukan dengan cara basi gue dengan gaming untuk nenangin diri," tuturnya.

Ini ternyata bukan Ramadhan pertama kali Chandra Liow. Ia rupanya pernah puasa pada 2016.

"Gue dulu pernah puasa tahun 2016 full satu bulan, gagal sehari doang, dan berakhir gue belajar banyak karena puasa tersebut. Saksinya itu mantan gue itu detik-detik di mana gue buka dan sahur. Gue nggak bohong sama sekali," katanya.

(mau/aay)