Round-Up

Bjah eks The Fly yang Kini Religius

Tim Detikhot - detikHot
Jumat, 24 Apr 2020 02:30 WIB
Bjah eks The Fly
Foto: Bjah eks The Fly (Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta -

Kisah para artis yang hijrah memeluk maupun mendalami agama Islam menarik untuk disimak. Memasuki hari pertama bulan suci Ramadhan, mari kembali menelisik kisah Bjah eks The Fly yang kini religius.

Bjah yang sebelumnya menjadi vokalis The Fly terkenal dengan sosok penyanyi kontroversial. Pria yang dahulunya identik dengan penampilan urakan tampil lebih sederhana dan tampak lebih religius.

Ketika berbincang dengan detikcom, ia mengenakan celana cingkrang dan baju koko. Sempat terpuruk dan menghilang, Bjah kini muncul dengan 'identitas' baru. Bjah kini sudah hijrah dan fokus untuk mendalami agama.



"Oh iya nggak semudah itu. Justru saya awalnya dibilang saya salah gaul. Astaghfirullah, kita bergaul dengan ustad. Waduh Bjah kasihan sekali salah gaul dia," ceritanya sangat ngobrol kepada detikHOT di kawasan Kayu Putih, Jakarta Timur.

Belasan tahun, pria bernama lengkap Muhammad Bjah itu mempelajari semua agama sampai mendapatkan hidayah dan perjalananya tetap berada di agama Islam.

Tapi ia kerap mempertanyakan mengapa dirinya masih mendapatkan cobaan.

"Niatnya memang baik, tapi ini udah jalan Allah jalan yang lurus yang haq. Allah berfirman dalam Al Quran, wahai kau hamba-hambaku jika kau beriman dan senantiasa bertakwa pada Allah maka kuberikan furqon kepada kau. Membedakan mana yang haq mana yang batil," lanjut Bjah.

Bjah memutuskan hengkang dari The Fly pada 2005. Setelah keluar dari The Fly, ia betul-betul merasakan cobaan dan itu adalah masa yang paling suram sepanjang hidupnya.



Simak Video "Rhoma Irama Duet Bareng Via Vallen, Rita Sugiarto: Bebas Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)