detikHot

celeb

Bagaimana Rasanya Pakai Alat Pacu Jantung seperti Titiek Puspa?

Senin, 20 Apr 2020 16:14 WIB Pingkan Anggraini - detikHot
Titiek Puspa di operet aku anak rusun Foto: Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom
Jakarta -

Titiek Puspa menggunakan alat pacu jantung selama satu tahun belakangan ini. Hal ini diakui lantaran ritme detak jantungnya yang kurang stabil.

Diceritakan Titiek, setelah pemasangan alat pacu jantung, jika ingin tidur ia hanya diperkenankan dengan posisi telentang. Saran ini dilakukannya selama satu minggu sesuai anjuran dokter meski dianggap tak nyaman.

"Tapi yang nggak enaknya, mesti tidur telentang seminggu. Karena dia (alat pacu jantung) tempatnya harus di situ. Dia harus membuat tempat supaya dia nggak ke kiri ke kanan. Jadi supaya mateng disitu," ujar Titiek saat dihubungi detikcom, Senin (20/4/2020).

"(Telentang) Iya. Nggak boleh miring," tegasnya.

Selain itu tak ada lagi pantangan yang dianjurkan dan dilakukan Titiek. Meski begitu, ia sangat mengatur pola hidupnya dengan baik.

"(Pantangan makanan) Ada. Racun haha," jawab Titiek sambil bergurau.

"Saya tuh me-manage hidup saya itu boleh dikatakan dengan sungguh-sungguh. Walaupun saya itu gudang penyakit, tetapi saya tahu bahwa apa pun itu semua dari Tuhan, jadi saya katakan 'Tuhan kan menghendaki, silahkan'. Tapi kalau saya diberitahu harus bagaimana saya gitu. Jadi saya selalu me-manage diri saya untuk makan," tutur Titiek.

Photo Gallery
Selanjutnya
Halaman
1 2

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com