detikHot

Round-Up

Mengenang Sosok Glenn Fredly yang Kritis dan Peduli Sesama

Sabtu, 11 Apr 2020 22:00 WIB Tim detikcom - detikHot
glenn fredly di banyuwangi Foto: Ardian Fanani
Jakarta -

Selama hidupnya, Glenn Fredly tak hanya dikenal sebagai musisi yang disegani. Ia juga dikenal sebagai sosok yang kritis dan peduli sesama.

Beberapa selebriti pernah merasakan kepedulian Glenn. Sebut saja Tompi. Dokter yang juga penyanyi itu mengatakan, Glenn memang selalu menjadi orang pertama saat orang lain butuh bantuannya.

Bukan hanya Tompi, Dewi Perssik juga pernah merasakan kepedulian Glenn. Ia menceritakan itu dalam Instagram miliknya.

"Hikayat cintaku 2008 usiaku 21 thn. Dulu....Banyak yg mengecam karirku apalagi ketika perceraianku dg.... tapi banyak juga yg berdiri dibelakangku untuk membela, salah satunya kak @glennfredly309 sang legend yg menerimaku untuk membantu menerbangkan sayapku...," katanya dalam Instagram miliknya.

Suami Mutia Ayu ini juga selalu tampak aktif dengan isu-isu sosial, terlebih kepada rakyat Indonesia bagian timur. Bagaimana tidak, Glenn selalu tampak mengkritisi beberapa permasalahan sosial melalui akun Twitter-nya.

Seperti contoh, Glenn menjadi salah satu musisi yang ikut dimintai pertimbangannya dalam rangka penyusunan naskah akademik dan draf RUU Permusikan pada 2019 lalu. Saat itu Glenn merasa kecewa dengan naskah akademik dan draf RUU yang dianggap membatasi kebebasan berekspresi.

Tak berhenti sampai situ, langkah Glenn untuk bidang sosial Tanah Air masih terus bergulir. Glenn sempat meminta agar pemerintah menyoroti Indonesia bagian timur, khususnya Papua.

Glenn juga salah satu yang memperjuangkan Ambon menjadi Kota Musik Dunia. Kini, predikat Ambon tersebut pun telah resmi diakui UNESCO.

"Kenapa saya ceritakan tentang Indonesia Timur, yang harus Anda tahu Indonesia Timur tidak boleh ada keburukan atau minor yang kalian baca," jelasnya.

"Itu sebabnya saya ingin merayakan menjadi Indonesia dan dimulai dari Timur karena mereka adalah saudara-saudara kita yang menjadi inspirasi buat Anda semua malam ini," sambung Glenn.




Simak Video "Karier Judika yang Melejit Berkat Lagu-lagu Glenn Fredly"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com