detikHot

Tentang Glenn Fredly

Sosok Glenn Fredly yang Kritis soal Isu Sosial Tanah Air

Sabtu, 11 Apr 2020 09:40 WIB Pingkan Anggraini - detikHot
glenn fredly di banyuwangi Foto: Ardian Fanani
Jakarta -

Musisi Glenn Fredly mengembuskan napas terakhirnya pada 8 April 2020. Namanya masih terus dikenang sebagai salah satu musisi Tanah Air yang berbakat.

Bukan hanya dibidang musik, suami Mutia Ayu ini juga selalu tampak aktif dengan isu-isu sosial, terlebih kepada rakyat Indonesia bagian timur. Bagaimana tidak, Glenn selalu tampak mengkritisi beberapa permasalahan sosial melalui akun Twitter-nya.

Seperti contoh, Glenn menjadi salah satu musisi yang ikut dimintai pertimbangannya dalam rangka penyusunan naskah akademik dan draf RUU Permusikan pada 2019 lalu. Saat itu Glenn merasa kecewa dengan naskah akademik dan draf RUU yang dianggap membatasi kebebasan berekspresi.

"Itu value, soal kebebasan berekspresi karena musik itu tak bisa dibatasi. Yang penting itu tata kelolanya, bukan moralnya," ujar Glenn saat itu.

"Tata kelola industri dan aturan mainnya yang belum ada sampai saat ini di Indonesia," kata Glenn lagi.

Tak berhenti sampai situ, langkah Glenn untuk bidang sosial Tanah Air masih terus bergulir. Glenn sempat meminta agar pemerintah menyoroti Indonesia bagian timur, khususnya Papua. Perihal meminta penghentian pendekatan militeristik dan membebaskan tahanan politik semua terangkum dalam keterangan foto yang sempat diunggahnya di Instagram.

[Gambas:Instagram]

"Pak @jokowi begitu banyak masalah yang menguji kita sebagai bangsa dan negara hari-hari ini. Dari semua masalah yang ada ijinkan saya untuk kembali mengingatkan masalah PAPUA, tolong hentikan pendekatan militeristik serta bebaskan para tahanan politik seperti yang bapak inginkan dan juga yang pernah bapak sudah lakukan sebelumnya membebaskan para tahanan politik Maluku maupun Papua, pendekatan dialog yang inklusif atas dasar kemanusiaan dan cinta kasih harus terus didorong serta kita junjung tinggi khususnya bagi saudara kita di tanah PAPUA.. Please pak, jangan biarkan ada korban akibat kekerasan jatuh lagi di tanah Papua baik dari sipil maupun militer.. Papua adalah tanah perdamaian yang sudah selayaknya memiliki hak demikian dan cara penyelesaian masalah Papua adalah wajah serta martabat kita semua sebagai Indonesia.. Tuhan memberkati kita semua.. #sayabersamajokowi," tulis Glenn saat itu.

Kemudian Glenn pun sempat meminta agar Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) turut membantu Helmy Yahya yang telah dicabut jabatannya dari Direktur Utama TVRI oleh dewan pengawas. Ia pun menuliskan itu dalam unggahannya di media sosial.

Selain itu, cuitan terakhirnya pada 18 Maret 2020, Glenn menyoroti persoalan virus Corona yang ada di Tanah Air. Ia memberikan apresiasi penuh kepada pekerja medis yang berada di garda terdepan.

"Dedikasi buat pekerja medis, dokter, perawat , dan mereka yang terpanggil setulus hati untuk menjaga Kemanusiaan! #musisidirumahunplugged," tulis Glenn.




Simak Video "Karier Judika yang Melejit Berkat Lagu-lagu Glenn Fredly"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com