Arti Kata 'Renjana' yang Ditulis Aura Kasih Atas Kepergian Glenn Fredly

Puti Yasmin - detikHot
Kamis, 09 Apr 2020 10:57 WIB
Glenn Fredly
Arti Kata Renjana Adalah/Foto: Rifkianto Nugroho/detikHOT
Jakarta -

Musisi Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020) kemarin. Mantan kekasihnya, Aura Kasih pun berduka dan menuliskan 'renjana' atas kepergian Glenn Fredly.

Aura kasih menuliskan kata 'renjana' pada postingan berlatar belakang hitam di akun Instagramnya. Ia juga menulis caption dengan kata renjana, "selamat berbahagia bersama TUHAN renjana... TERIMAKASih."

Selain itu, dalam postingan di Instagram Stories, Aura Kasih memperlihatkan sebuah buku berjudul 'Lagu untuk Renjana'. Ia juga menulis kalimat di bawahnya, "satu karya yang akhirnya bisa ku dedikasikan untuk mu..... terimkasih untuk lagu yang sangat indah..."

Lantas, apa makna renjana?

Dikutip dari KBBI Kemendikbud, renjana adalah rasa hati yang kuat. Rasa yang dimaksud meliputi rindu, cinta kasih, berahi, dan sebagainya. Biasanya kata ini diungkapkan untuk menggambarkan sebuah perasaan.

Walaupun terdengar kurang familiar, kata ini biasa dituliskan dalam puisi. Renjana berasal dari bahasa sansekerta, yakni ranjana yang memiliki arti hasrat (yang menyala), menyenangkan, sangat menarik, dan juga gembira.

Selain itu, di tahun 2012 Glenn Fredly pernah merilis lagu dengan judul 'renjana'. Lagu itu terdapat pada album 'Luka, Cinta & Merdeka' dengan lirik yang mengandung arti kerinduan terhadap seseorang.

Selamat jalan Glenn Fredly!



Simak Video "Bawakan Karya Glenn Fredly, Gamaliel: Inspirasi Musik dan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)