Bisa Hangatkan Tenggorokan, Atalarik Syah Ungkap Khasiat Daun Sirih

Devy Octafiani - detikHot
Rabu, 08 Apr 2020 09:27 WIB
Atalarik Syah
Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Atalarik Syah mengungkapkan khasiat daun sirih yang dinilainya banyak manfaat. Ia juga meyakini, daun sirih dapat mengatasi sakit yang ditimbulkan penyebaran virus Corona.

Keyakinan itu bukan tanpa alasan. Atalarik mengatakan, pernah merasakan gejala demam yang kerap disebut menjadi gejala awal terpapar corona kemudian mereda setelah ia menghirup uap dari rebusan daun sirih.

Dalam vlog perdananya, mantan suami Tsania Marwa ini juga menjabarkan bagaimana daun sirih sudah ia gunakan sejak lama untuk menghilangkan kuman dan bakteri.



"Daun sirih itu mengandung antiseptic yang manfaatnya banyak sekali," ungkap Atalarik seperti dilihat di vlognya, Rabu (8/4/2020).

Selain itu, uap dari rebusan daun sirih juga diyakini Atalarik dapat melegakan pernapasan.

"Kalau dikunyah akan terasa hangat sampai tenggorokan, dan saluran tenggorokan kan menyatu dengan saluran pernapasan. Tapi saya lebih suka metode saya menghirup hawa dari daun sirih ini untuk jalur pernapasan hidung dan mulut."

"Karena apa? Virus Corona itu menyerang pernapasan. Ya udah, saya menggunakan nalar saya aja kenapa kita nggak konsentrasi (di pemulihan) pernapasan," ungkap Atalarik lagi.

Ia pun mempertanyakan mengapa pemerintah dan dunia medis tak menjadikan sirih sebagai salah satu solusi untuk mengatasi pandemi.



"Nah saya kecewanya, sampai saya me-launch vlog saya ini, apa dunia medis kita tuh bener-bener membahas atau men-share (soal khasiat daun sirih). Mestinya pemerintah mengetahui hal ini, sensitif soal ini karena sirih ini modalnya murah," ungkap Atalarik lagi.

Pesinetron ini mengungkapkan dirinya sudah lama merasakan khasiat daun sirih sejak lama. Sejak remaja, ia sudah diresepkan sang ibu untuk mengobati penyakit salah satunya jerawat di masa puber dengan daun sirih.



Simak Video "Alasan Atalarik Syah Salat Jumat di Masjid saat Social Distancing"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/wes)