detikHot

Wawancara Eksklusif

Buka-bukaan Detri Warmanto: Terinfeksi Corona Itu Bukan Aib!

Jumat, 27 Mar 2020 09:55 WIB Desi Puspasari - detikHot
Detri Warmanto Foto: Instagram @detriwarmanto
Jakarta -

Detri Warmanto adalah artis Indonesia pertama yang mengumumkan terpapar Corona atau COVID-19. Dirinya tahu positif Corona setelah menjalani tes di RSPAD.

Pria berusia 33 tahun itu, tak menyangka COVID-19 bisa membuat khawatir seluruh dunia. Detri Warmanto berbagi cerita dengan detikcom selama dirinya berperang melawan COVID-19.

"Saya nggak nyangka ternyata sampai selebar ini. Akhirnya dengan kondisi ini saya di-contact dari Aceh sampai Sulawesi. Saya punya teman dari Aceh, Sumatera, Sulawesi, Jawa, NTT, NTB, Bali, kecuali Papua. Setelah ada berita ini, saya sudah siap apa yang harus saya lakukan, apa pun risiko yang ada," cerita Detri saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon.

Dengan dirinya buka suara dan berbagi cerita, Detri sudah siap dengan semua risiko. Termasuk saat nanti dia akan mulai ke luar rumah, ada orang-orang yang merasa takut dekat dengan dirinya.

Setelah dinyatakan positif mengidap COVID-19, Detri mengisolasi dirinya di rumah. Bintang film '3 Srikandi' dan 'Retak Gading' itu juga merelakan dirinya terpisah dengan istri dan anak-anaknya.

"Selama ini saya diisolasi di rumah. Kalau saya keluar saya nggak tahu mungkin orang nggak ada yang mau dekat sama saya. Makanya saya sudah dalam tahap yang sudah bertanggung jawab dengan apa yang saya perbuat sekarang ini," ungkapnya.

"Buat saya, ini buat saya bukan sesuatu yang aib, maaf, maaf," tegas Detri Warmanto.

Buka-bukaan Detri Warmanto: Terinfeksi Corona Itu Bukan Aib!Foto: Detri Warmanto. Instagram

Menurutnya, COVID-19 itu adalah virus yang membuat banyak orang khawatir. Detri menjelaskan yang paling bahaya dari semua COVID-19 itu adalah penularannya.

"Memang yang bahaya itu penularannya, dia membahayakan bagi orang yang lansia, membahayakan untuk orang yang sudah ada bawaan penyakit. Dengan kondisi yang fit seperti orang-orang sehat seperti kita, virus ini bisa dilawan dengan self healing diseases, penyembuhan dengan diri sendiri," jelasnya.

"Dengan self quarantine, mengisolasi diri di dalam rumah, tidak menularkan ke orang lain, virus ini akan mati dengan imunitas yang baik," tegas Detri.




Simak Video "Sempat Panik Usai Positif Corona, Kondisi Detri Warmanto Membaik"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com