detikHot

celeb

Purwaniatun, 40 Tahun Setia Jadi 'Si Mbok' di Sinetron

Senin, 23 Mar 2020 16:50 WIB Desi Puspasari - detikHot
Purwaniatun meninggal dunia Purwaniatun meninggal dunia Foto: dok Trans TV
Jakarta -

Purwaniatun atau dikenal sebagai Mbak Pur dikenal karena langganan jadi pembantu di sinetron. Purwaniatun meninggal dunia.

Akrab dengan peran sebagai Si Mbok, Purwaniatun punya ciri khas dalam pembawaannya. Setiap kali menjadi Si Mbok, perempuan kelahiran 31 Desember 1952 itu kental dengan logat bahasa Inggris sekenanya yang medok.


Dilihat dua bulan lalu, saat jadi bintang tamu 'Brownis', Purwaniatun menceritakan dirinya sudah 40 tahun menjadi artis sinetron. Selama 40 tahun itu, Purwaniatun selalu berperan sebagai asisten rumah tangga.

"(Judul sinetron) ribuanlah. Sudah 40 tahun (jadi artis). Nggak pernah berubah perannya, sudah trademark-nya," kata Purwaniatun dilihat dari Official Trans TV, Senin (23/3/2020).

Sederet sinetron yang akhirnya meledak secara rating pun dia bintangi. Tetap saja perannya sebagai si Mbok. Sebut saja beberapa sinetronnya, yaitu 'Bidadari', 'Kawin Gantung', 'Asisten Rumah Tangga', 'Monyet Cantik dan Serigala ganteng', dan 'Dara Manisku'.

Tidak hanya sinetron, Purwaniatun juga sering membintangi FTV dengan perannya sebagai si Mbok. Dia pun berceloteh soal alasannya menerima peran sebagai pembantu.

"Saya suka ditawarin, 'Mbak Pur ada peran ART 40 episode dan peran ibu-ibu orang kaya 13 episode'. Saya pilih 40 episode," ucapnya.

"Saya sudah terbiasa dengan peran, 'I will do my best Tuan', 'What happen Nyonya?', 'Mau breakfast apa? Ada scrambled, ada...', melayani. Itu, 40 tahun saya seperti itu," cerita Purwaniatun.

Purwaniatun memiliki empat orang anak dan sembilan cucu. Meski berperan sebagai ART, Purwaniatun tetap dikenal sebagai artis.

Seperti artis-artis lain, setiap Purwaniatun jalan-jalan ke tempat ramai selalu ada penggemar yang datang, itu yang kadang membuat anak dan cucunya takut membawa Purwaniatun pergi untuk sekadar ke pasar atau tempat keramaian lainnya.

Ternyata, itu adalah terakhir kalinya Purwaniatun berbagi cerita kehidupannya di layar kaca. Gia, cucu Purwaniatun, kepada detikcom menceritakan sang nenek baru tahu mengidap kanker rahim awal tahun 2020. Sebulan setelah tahu idap kanker rahim, Purwaniatun pun langsung minta dioperasi.


Hari ini, tepatnya sekitar pukul 10.30 WIB, Si Mbok Purwaniatun meninggal dunia di RS Mayapada, Lebak Bulus. Purwaniatun meninggal dunia setelah menjalani operasi kanker rahim.

Selamat jalan Si Mbok Purwaniatun....

Tonton video 20Detik tentang perjalanan hidup 'Si Mbok' Purwaniatun di sini:

[Gambas:Video 20detik]







Simak Video "Pesinetron Senior Purwaniatun Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com