detikHot

celeb

RSCM Banjir, Arzeti Bilbina Ingatkan soal Mitigasi Bencana

Selasa, 25 Feb 2020 18:07 WIB Mauludi Rismoyo - detikHot
Arzetty Bilbina memiliki nama lengkap Arzetty Bilbina Setiawan saat berkunjung ke kantor detikcom. Reno/detikcom. Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto
Jakarta -

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) kebanjiran efek hujan deras. Artis yang menjadi anggota DPR Komisi XI, Arzeti Bilbina, pun mengunjungi lokasi tersebut.

Arzeti mendukung langkah RSCM untuk merujuk pasiennya ke rumah sakit lain. Namun, ia meminta pihak rumah sakit bisa mengambil pelajaran penting terkait bencana kali ini.

Mantan model ini ingin RSCM langsung melakukan perbaikan. Ia tak mau hal ini terulang lagi nanti.

"Meskipun pihak RSCM telah menyatakan mengalihkan pasien ke RS lainnya, tetapi pihak RSCM perlu mengambil pelajaran penting dari bencana ini. Ke depan perlu ada perbaikan agar hal serupa tidak terjadi supaya bisa meminimalisir dampak negatif bencana bagi pasien. Karenanya perlu buat skema yang sistematis untuk meminimalisir agar hal serupa tidak terulang," ujarnya saat ditemui di RSCM, Jakarta Pusat.


Banjir yang terjadi di RSCM dikatakan Arzeti Bilbina sebagai peringatan. Ia menyayangkan beberapa alat kesehatan tergenang air dan butuh perbaikan efek musibah tersebut.

"Yang terjadi di RSCM ahad kemarin itu semacam alarm. Beberapa alat kesehatan seperti alat untuk MRI perlu perawatan khusus karena tergenang air. Hingga sekarang masih diperbaiki. Meski sudah dialihkan pelayanan kesehatan ke faskes lain, tetapi tetap saja hal ini mengganggu, apalagi RSCM merupakan RS rujukan utama," tuturnya.

Arzeti mengingatkan soal mitigasi bencana. Sebab menurutnya, dengan konsep itu, ia percaya bisa meminimalisir dampak buruk.

"Ya mitigasi bencana sangat mendesak kita butuhkan. Kita harus segera membuat dan melaksanakan konsep tersebut, supaya kita bisa meminimalisir dampak buruk bencana," katanya.




Simak Video "RSCM Kebanjiran, Direktur Rumah Sakit: Ini Baru Pertama Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com