detikHot

celeb

Cerita Andy F Noya Pernah Diteluh Teman Ayahnya Saat Usia 4 Bulan

Selasa, 25 Feb 2020 12:12 WIB Mauludi Rismoyo - detikHot
Andi F Noya Foto: Firdaus Anwar
Jakarta -

Presenter Andy F Noya punya cerita tak mengenakkan waktu kecil. Ia pernah menjadi korban teluh.

Host 'Kick Andy' itu menceritakan pengalaman tersebut di channel YouTube Christina Lie. Ia mengatakan waktu masih berusia 4 bulan pernah mengalami sakit yang luar biasa dan tak mau makan-minum.

"Disantet, diguna-guna. Apa salahku ya? Itu waktu kecil aku belum punya dosa. Ini cerita dari kakakku, orang tua pernah cerita tapi waktu aku ingin tahu lebih jauh peristiwa itu nggak bisa konfirmasi karena kedua orang tua sudah meninggal, tapi kakak yang paling tua dia cerita," ujarnya.

"Jadi menurut kakak, waktu itu umurku sekitar 4 bulan nah aku mengalami sakit yang luar biasa, nggak mau makan, nggak mau minum susu, semuanya sehingga aku kurus kering dan dokter bilang sebentar lagi meninggal, tapi nggak tahu penyakitnya apa."


Usai dokter tak mengetahui diagnosa penyakit yang diidap, Andy F Noya dilarikan ke dukun oleh salah satu kerabatnya. Lalu dukun itu menyebut Andy disantet. Hal itu membuat orang tuanya tak percaya.

"Nah kemudian ada kerabat yang usul ini kayaknya bukan penyakit biasa, ini ada black magic-nya, ada guna-gunanya, ada santet, ada teluh. Orang tua sebenarnya nggak percaya, tapi setelah dokter bilang nggak ada sakitnya yang bisa dideteksi, didiagnosa, maka mereka menyerah," tuturnya.

Si dukun itu kemudian memperlihatkan sosok yang meneluh Andy F Noya. Di situ, ayah Andy terkejut sekali melihat sosok di balik penyakit anaknya.

"Orang pintar itu taruh tokek dalam baskom. Nah setelah itu air berubah terus muncul wajah seseorang. Ayah saya kaget karena wajah itu wajah teman kantornya, bingung dia. Orang inilah yang meneluh saya. Sebenarnya yang dituju bapak, tapi meleset kena si kecil ini. Percaya nggak percaya ditelisik apa dosa ayah saya ternyata persaingan dalam karier," ucapnya.


Oleh si dukun, Andy F Noya disarankan untuk meninggalkan Pulau Jawa jika ingin selamat. Dari situ, orang tuanya membawa Andy ke Ternate dari Surabaya lewat kapal laut.

Saat menuju ke Ternate dan baru berlayar sebentar, pria 59 tahun itu kemudian mendadak menangis dan minta makan. Melihat hal itu, keluarga percaya Andy memang diteluh.

"Begitu jemput di Ternate semua kaget mana anak yang kurus kering mau mati itu. Karena saya sudah gemuk dalam waktu 10 hari itu pertumbuhannya pesat dan saya segar bugar. Dari situ keluarga percaya ini soal teluh dan saya sehat sampai hari ini kan," katanya.




Simak Video "Unik Menarik Museum Alat Santet Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com