detikHot

celeb

Inspirasi Film 'Hidden Figures', Matematikawan NASA Meninggal Dunia

Selasa, 25 Feb 2020 08:03 WIB Nugraha - detikHot
hidden figures Foto: getty images
Jakarta -

Matematikawan NASA, Katherine Johnson meninggal dunia pada usia 101 tahun. Ia adalah sosok yang teorinya membantu orang Amerika pertama kali ke luar angkasa dan kembali dengan selamat.

Di antara banyak prestasinya, ia menyelesaikan analisis lintasan untuk penerbangan suborbital Alan Shepard 1961, yang merupakan pertama kalinya AS mengirim manusia ke luar angkasa.


Pekerjaan Johnson selama 33 tahun mendorong banyak terobosan Amerika dalam eksplorasi ruang angkasa. Tetapi kontribusi yang dia buat tidak diakui sampai beberapa dekade kemudian.

Adegan di film Hidden FiguresAdegan di film Hidden Figures Foto: imdb


"Dedikasi dan keterampilannya sebagai ahli matematika membantu menempatkan manusia di Bulan dan sebelum itu, memungkinkan para astronot kita untuk mengambil langkah pertama di luar angkasa yang sekarang kita ikuti dalam perjalanan ke Mars," kata perwakilan NASA, Jim Bridenstine.


Kontribusi terobosan Johnson diakui pada 2015, ketika ia menerima Presidential Medal of Freedom, penghargaan tertinggi yang diberikan pada warga sipil, dari Presiden Barack Obama.

Film terlaris yang juga merupakan buku terlaris yang dinominasikan Oscar, 'Hidden Figures', membawa warisan Johnson ke layar lebar pada 2016, di mana ia diperankan oleh Taraji P. Henson.




Simak Video "Pandemi Corona Berdampak ke Industri Film, Oscar 2021 Ubah Aturan"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com