detikHot

Round-Up

Bukan Rasulullah, Faktor Gus Miftah Tak Bisa Berpoligami

Selasa, 25 Feb 2020 07:00 WIB Mauludi Rismoyo - detikHot
KH Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah) saat Blak-blakan dengan detikcom di Yogyakarta, 5 Mei 2019 Foto: Mardi Rahmat/20 detik
Jakarta -

Gus Miftah mendapat pertanyaan menohok dari Deddy Corbuzier. Pertanyaan seputar poligami.

Miftah mengisi podcast bareng Deddy Corbuzier di channel YouTube. Ia langsung ditanya soal mengapa tak berpoligami oleh Deddy.

Gus Miftah kemudian menjelaskan alasan tak punya istri lebih dari satu. Sebab, ia mengaku sebagai sosok pria yang setia.

"Biasanya niat itu kalah dengan fakta. Nggaklah, gue tipe cowok setia. Kan gue bilang, lelaki hebat bukan lelaki yang mencintai banyak wanita, tetapi mencintai satu wanita dengan banyak cara," ujarnya.


Gus Miftah merasa bukan Rasulullah SAW. Ia juga menerangkan mengapa cuma nabi yang bisa memiliki banyak istri.

"Iya, kalau kita mengatakan poligami tidak boleh jelas itu bukan suatu yang benar, itu boleh Alquran membolehkan tapi coba kita lihat alasan syarinya. Kenapa Rasulullah istrinya banyak? Karena semua aktivitas Rasulullah perkataan perbuatan itu kan harus direkam tuh untuk dijadikan contoh oleh umat. Makanya kalau cuma satu istri, toh hardisknya nggak muat, makanya dibutuhkan banyak istri untuk merekam semua aktivitas Rasulullah. Lah kayak gue, kayak lo apa sih yang harus direkam," tuturnya.

Menurut Miftah, poligami menganut konsep keadilan dan hal itu dirasanya sangat susah untuk dilakukan olehnya. Membagi keadilan terhadap dua wanita akan sulit, ia pun jadi enggan berpoligami.

"Konsep keadilan itu akan sangat susah dan bagi saya membaca diri saya sendiri kemungkinan saya untuk adil itu susah, karena coba dilihat ini yang baru masih muda, yang lama sudah agak tua. Untuk membagi keadilan itu sudah sangat susah bro dan saya meyakini sepandai-pandainya suami menyimpan istri muda pada akhirnya tetap tua," katanya.




Simak Video "Deddy Corbuzier Dikabarkan Akan Ucapkan Syahadat Besok Jumat"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com