detikHot

celeb

Usai Meninggal, Kirk Douglas Sumbangkan Seluruh Hartanya

Senin, 24 Feb 2020 14:15 WIB Asep Syaifullah - detikHot
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - NOVEMBER 06: Kirk Douglas attends the Hollywood Walk of Fame Ceremony Honoring Michael Douglas on Hollywood Boulevard on November 06, 2018 in Hollywood, California. (Photo by Charley Gallay/Getty Images for Netflix) Kirk Douglas. Foto: Charley Gallay/Getty Images for Netflix
Jakarta -

Kirk Douglas meninggal dunia pada 5 Februari 2020 di usia 103 tahun. Bintang 'Spartacus' itu dikenal sebagai salah satu aktor dan produser sukses di Hollywood yang kerap berbagi dengan sesama.

Bahkan di akhir hidupnya, Kirk Douglas menuliskan wasiat untuk menyumbangkan kekayaannya yang berjumlah 61 juta poundsterling atau senilai Rp 1 triliun itu untuk yayasan amal miliknya yakni Douglas Foundation. Ia bahkan tak memberikan putranya, Michael Douglas, uang sepeserpun.

Douglas Foundation pun mengalihkan uang tersebut untuk membantu beberapa kampus seperti St Lawrence University untuk program beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu.

Selain itu, ia juga menyumbangkan uangnya untuk Culver City Kirk Douglas Theatre, yakni sebuah teater film yang direstorasi untuk menjadi panggung untuk pertunjukan langsung. Tak hanya itu, ia pun menyumbangkan uangnya untuk rumah sakit anak di Los Angeles.

Meskipun tak mendapatkan warisan, Michael Douglas tentunya tak memusingkan hal tersebut. Pada 2019 lalu, bintang 'Ant-Man' itu disebut memiliki kekayaan sebesar 300 juta dollar atau senilai Rp 4,1 triliun.

Di sepanjang kariernya di industri hiburan, Kirk Douglas dikenal sebagai pria keras yang kerap menolong para aktor-aktor muda. Ia bahkan menentang arus saat itu, setelah banyak sineas yang tak diperlakukan dengan adil akibat dituding sebagai pendukung komunis.


Banyak sineas handal yang merasa terinspirasi olehnya, salah satunya adalah Steven Spielberg. Sutradara 'Jurassic Park' itu menceritakan kenangannya akan sosok Kirk Douglas.

"Kirk mempertahankan kharisma bintang filmnya hingga akhir hidupnya yang indah dan saya merasa terhormat telah menjadi bagian kecil dari 45 tahun terakhirnya. Saya akan kehilangan catatan tulisan tangan, surat-surat dan nasihat kebapakan, kebijaksanaan dan keberaniannya," tulisnya seperti dilansir dari Deadline.




Simak Video "Dwi Sasono Berpeluang Direhabilitasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com