Ashraf Sinclair Meninggal, Dimas Beck Salat Gaib di Masjid Nabawi

Pingkan Anggraini - detikHot
Jumat, 21 Feb 2020 12:00 WIB
Momen kuliner Bunga Citra Lestari (BCL)
Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari meninggal dunia Foto: Istimewa
Jakarta -

Kabar meninggalnya pesinetron Ashraf Sinclair ternyata sampai kepada Dimas Beck yang saat itu tengah berada di kota Madinah, Arab Saudi.

Mengetahui hal itu, Dimas langsung melaksanakan salat jenazah di Masjid Nabawi. Hal tersebut kemudian ia syukuri lantaran sempat menyolatkan sahabatnya meski dari kejauhan.


"Saya juga baru pertama kali datang (ke rumah duka) karena baru pulang umroh. Denger beritanya lagi di Madinah," ujar Dimas saat ditemui di kediaman Ashraf, kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan.

"Alhamdulillah bisa dikasih kesempatan salatin, doain di (Masjid) Nabawi. Iya kan, kita abis solat itu ada salat jenazahnya, ya udah niatin aja sekalian," jawab Dimas.


Selain itu, Dimas pun kembali mengingat sosok sahabatnya, Ashraf yang telah lebih dulu kembali pada Sang Pencipta. Menurutnya, Ashraf merupakan sahabat yang baik.

"Ya dia sahabat semua orang sih, yah. Jadi, pasti semua orang punya cerita kenangannya sendiri-sendiri. Yang pasti, kita sebagai sahabatnya Bunga jadi support aja karena pasti ini bukan saat yang mudah buat siapapun melewati hal ini," tutur Dimas.

Salah jenazah yang dimaksud Dimas Beck adalah salat gaib yang merupakan salat untuk mendoakan jenazah yang lokasinya jauh dengan kita. Hukum salat gaib yakni fardu kifayah. Fardu kifayah ini berarti wajib dilakukan, jika belum dilakukan oleh Muslim lain. Namun jika sudah dilakukan oleh Muslim lain, kewajiban gugur dan hukumnya menjadi sunah.

Apakah salat gaib sama dengan salat jenazah? Hampir sama, hanya saja perbedaannya terletak pada niat dan keberadaan jenazah. Salat gaib dilakukan sama seperti tata cara salat jenazah, yakni 4 kali takbir tanpa rukuk dan sujud.



Simak Video "Pandemi dan Buku Bantu BCL Melewati Rasa Duka"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/nu2)