detikHot

celeb

Orang Jelek dan Cakep #BisaApaSih? Debat yang Bikin Riuh Twitter

Kamis, 20 Feb 2020 10:09 WIB Angga Laraspati - detikHot
debat Foto: shutterstock
Jakarta -

Stereotip menjadi hal yang mengundang masalah, keributan dan debat kusir yang berkepanjangan. Penghakiman terhadap seseorang sering dilakukan di kehidupan sehari-hari, terutama di media sosial yang semua orang bisa mengemukakan ekspresinya.

Makin lama stereotip yang dilakukan pun makin beraneka ragam, mulai dari membahas ras, agama, bahkan kini sudah mulai membawa-bawa fisik pada dalam stereotip tersebut.

Apakah dari kamu ada yang pernah mengalaminya? Ya stereotip fisik yang dilakukan seseorang memang tidak seharusnya dilakukan. Apa lagi sampai membawa sesuatu yang berbau #BisaApaSih orang yang jelek atau #BisaApaSih orang yang ganteng?

Hal itu tampaknya menjadi perbincangan hangat di jagad media sosial. Tapi apakah orang jelek itu nggak bisa apa-apa? Sepertinya kita jangan dulu melakukan judging ya, karena nyatanya banyak kok orang-orang jelek yang sukses dan juga pastinya mempunyai kelebihan yang orang ganteng tidak punya. Intinya sih, jangan pernah menjudge orang hanya dari covernya karena belum tentu orang itu lebih baik daripada kita.

Nah, bulan lalu terjadi perdebatan nih di Twitter yang dimulai dari cuitan salah satu artis Indonesia, yaitu Jefri Nichol. Dirinya mengatakan "yang ngetweet 'kalo orang jelek ngelakuin ini pasti blablabla, kalo orang ganteng ngelakuin ini pasti blablabla' pasti mukanya mohon maaf....emang jelek" cuit dia.

Menurut kamu, benar ga sih itu? Atau emang semua orang sama saja? Hm, pada kenyataannya banyak orang yang cakep atau jelek seringkali mendapat pertanyaan #BisaApaSih. Padahal faktanya setiap orang itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena tampang itu cuma salah satu aspek, yang penting kan dilihat dari talent, pengalaman dan pencapaian seseorang.

Orang Jelek dan Cakep #BisaApaSih? Debat yang Bikin Riuh TwitterFoto: Tweet Jefri

Padahal belum tentu orang yang membandingkan tersebut bisa lebih baik atau lebih hebat dari orang yang ia bandingkan. Jadi menurut kalian, kalau posisinya dibalik jadi orang yang jelek, pantas tidak seseorang melakukan stereotip ke orang lain? Atau memang itu sudah jadi hal yang wajar di Indonesia? Atau bagaimana sih menurut kalian, sebenarnya orang jelek atau cakep itu #BisaApaSih?


(prf/ega)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com