detikHot

celeb

10 Fakta Lucinta Luna, Transgender hingga Terjerat Narkoba

Selasa, 18 Feb 2020 18:56 WIB Rosmha Widiyani - detikHot
Lucinta Luna Foto: Lucinta Luna (Mei Amelia R)/10 Fakta Lucinta Luna, Transgender hingga Terjerat Narkoba
Jakarta -

Kasus narkoba yang menjerat Lucinta Luna masih terus dalam penyelidikan polisi. Lucinta sebelumnya sempat mengajukan permohonan rehabilitasi supaya sembuh dari ketergantungan psikotropika

"Ya pastinya. Siapa sih yang nggak mau dirawat, siapa sih yang nggak mau sembuh," kata Lucinta Luna dalam wawancara eksklusif dengan detikcom.

Hasil pemeriksaan terbaru menyatakan, Lucinta Luna positif positif mengkonsumsi amfetamin dan benzodiazepin atau benzo. Hasil tersebut diketahui melalui pemeriksaan darah dan rambut.

Selain hasil pemeriksaan terbaru, masih ada fakta lain terkait Lucinta Luna. Berikut fakta tentang selebgram yang penuh sensasi ini.

1. Biodata Lucinta Luna

Biodata Lucinta Luna diketahui dari rilis yang dibagikan saat jumpa pers di Polres Jakarta Barat,

Nama: Muhammad Fatah

Tanggal lahir : 16 Juni 1989

Orang tua : Bapak Muntoha dan Ibu Djoneh

Keterangan tersebut diketahui dari akta kelahiran Lucinta dengan nomor 3174-LT-16122019-0088, yang dikeluarkan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kita Administrasi Jakarta Selatan.

2. Identitas Lucinta Luna

Dalam akta kelahiran tersebut, identitas Lucinta tercatat sebagai seorang laki-laki. Sejak berusia 5 tahun, Muhammad Fatah sudah berperilaku seperti perempuan. Muhammad Fatah pun lebih nyaman sebagai perempuan hingga dewasa.

Polisi menyebut selebgram Lucinta Luna adalah seorang transgender. Hal ini terungkap dari surat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) yang mengabulkan permohonan ganti kelamin dan nama Lucinta Luna.

3. Ganti kelamin Lucinta Luna

Hingga pada tanggal 24 April 2016 Muhammad Fatah memutuskan untuk melakukan operasi ganti kelamin, dari laki-laki menjadi perempuan di Rumah Sakit Rajyindee Thailand.

Pada tanggal 22 November 2019 Muhammad Fatah mengajukan permohonan ganti kelamin dari laki-laki menjadi perempuan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. PN Jaksel kemudian mengabulkan permohonan Muhammad Fatah berganti jenis kelamin laki-laki jadi perempuan dan nama menjadi Ayluna Putri yang sekarang dikenal Lucinta Luna.

4. Siapakah Lucinta Luna?

Lucinta Luna saat ini dikenal sebagai selebgram dengan banyak follower dan kontrak endorse. Meski ditahan di Polda Metro Jaya, postingan Instagram Lucinta Luna masih memperlihatkan sejumlah iklan produk. Rezeki ternyata masih terus mengalir untuk Lucinta Luna.

Sebelumnya, Lucinta ternyata pedangdut yang dikenal dengan Goyang Bunga Mekar. Saat itu, Lucinta dikatakan sempat menikah dengan seorang pria asal Filipina bernama Bigham.

5. Perbedaan jenis kelamin KTP dan paspor Lucinta Luna

Saat rilis di Polres Jakarta Barat, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menyebut jenis kelamin Lucinta Luna di paspor dan KTP beda.

Yusri Yunus menjelaskan, dirinya baru menerima paspor baru Lucinta Luna yang sudah diubah penulisan jenis kelaminnya semalam. Dia juga mengatakan, sudah mendapat surat putusan dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan soal perubahan jenis kelamin Lucinta Luna menjadi wanita.

6. Lucinta Luna ditangkap

Polisi menangkap Lucinta Luna di apartemennya di kawasan Thamrin City, Jakarta Pusat, pada Selasa (11/2/2020). Saat itu polisi mengamankan Lucinta bersama 3 orang lainnya.

Lucinta Luna kemudian menjalani tes urin yang hasilnya terbukti dirinya positif narkoba. Sedangkan tiga orang lain yang juga tes urin dinyatakan negatif narkoba.

7. Lucinta Luna tersangka

Selebgram Lucinta Luna kini berstatus tersangka karena jeratan setelah terbukti positif amphetamine dan benzodiazephine. Selain menjalani penahanan dan pemeriksaan polisi, Lucinta berpesan pada rekan artis dan masyarakat umum supaya menjauhi barang haram tersebut apa pun jenisnya.

"Saya cuma mau agar permohonan maaf saya dimaafkan kalian, keluarga saya. Teman-teman artis juga dan kalau bisa jangan mengikuti langkah-langkah seperti saya, jauhi narkoba," jelas Lucinta Luna.

8. Lucinta Luna ditahan di sel perempuan

Polisi akhirnya memutuskan Lucinta Luna ditahan di sel perempuan, setelah mendapat putusan pengadilan yang menyatakan jenis kelamin selebgram tersebut. Sebelumnya, netizen sempat ramai membicarakan lokasi penahanan Lucinta yang bernama asli Muhammad Fatah tersebut.

Putusan pengadilan memungkinkan polisi tak lagi bingung menentukan lokasi sel untuk Lucinta. Untuk sementara, Lucinta Luna akan ditempatkan di sel khusus dan dititipkan di Rutan Polda Metro Jaya.

9. Lucinta Luna depresi dan dysphoria

Berdasarkan Certificated by Attending Doctor (Surat Keterangan Dokter) dari Rumah Sakit Rajyindee Thailand, tersangka didiagnosa mengidap penyakit jenis kelamin dysphoria atau lebih dikenal dengan sebutan transgender. Lucinta juga sempat mengatakan mengalami depresi hingga mengonsumsi obat-obatan tersebut.

"Saya sendiri, saya merasa bukan pengguna narkoba, saya hanya depresi," kata Lucinta Luna dalam wawancara eksklusif dengan detikcom.

10. Abash dan berharap sembuh

Penanganan polisi pada kasus narkoba Lucinta Luna turut membongkar identitas asli Abash kekasihnya. Pria tersebut ternyata seorang wanita yang punya nama asli Diah Ayu Ashari (DAA).

Dengan segenap masalah yang membelitnya, Lucinta berharap bisa segera sembuh dari depresi dan ketergantungan obat yang membelitnya. Lucinta telah mengajukan permintaan rehabilitasi sehingga bisa ditangani dokter dan tenaga kesehatan lain yang punya kompetensi.




Simak Video "Lucinta Luna Diam Seribu Bahasa saat Dibawa Polisi ke BNN Lido"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com