Lebih Dekat dengan Joaquin Phoenix, Aktor Terbaik Oscar 2020

Niken Widya Yunita - detikHot
Senin, 10 Feb 2020 17:15 WIB
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 09: Joaquin Phoenix attends the 92nd Annual Academy Awards at Hollywood and Highland on February 09, 2020 in Hollywood, California. (Photo by Amy Sussman/Getty Images)
Foto: Amy Sussman/Getty Images/Lebih Dekat dengan Joaquin Phoenix, Aktor Terbaik Oscar 2020
Jakarta -

Joaquin Phoenix meraih aktor terbaik Piala Oscar 2020. Dia berperan dalam Film 'Joker'.

Joaquin Phoenix berperan sebagai Arthur Fleck dalam Film 'Joker'. Dia mengalahkan Antonio Banderas, Leonardo DiCaprio, Adam Driver, dan Jonathan Pryce.

Penggemar film di Indonesia pasti sudah tidak sabar menantikan tayangnya film Joker di Tanah Air. Film yang mulai tayang pada hari ini, Rabu (2/10.2019) ini dibintangi oleh aktor watak ternama Hollywood, Joaquin Phoenix.

Di film ini, Phoenix memerankan Arthur Fleck, seorang komedian yang sulit mencapai kesuksesan. Ditambah dengan masalah kesehatan mentalnya, ia akhirnya memilih jalan kegelapan dan menjadi Clown Prince of Crime di Kota Gotham.

Dikenal sebagai aktor watak yang telah memenangkan berbagai penghargaan, berikut profil Joaquin Phoenix yang dirangkum detikHot:

1. Joaquin Phoenix Belajar Akting Sejak Usia 4 Tahun


Pria bernama lengkap Joaquin Rafael Bottom ini lahir di San Juan, Puerto Rico pada 28 Oktober 1974. Ia merupakan anak ketiga dari pasangan Arlyn Phoenix dan John Lee Bottom. Dia memulai aktingnya sejak usia 4 tahun. Phoenix kemudian berakting di serial Seven Brides for Seven Brothers bersama kakaknya River Phoenix saat berusia 8 tahun.

2. Joaquin Phoenix Sempat Ganti Nama


Fakta menarik Phoenix yakni sempat mengganti namanya. Dia mengikuti jejak saudaranya yang menggunakan nama alam saat berusia 5 tahun. Phoenix mengganti namanya menjadi Leaf Rafael Phoenix. Hal ini karena tidak ada orang yang bisa mengeja nama Joaquin dengan benar. Nama Leaf diambil seperti nama saudara-saudaranya memiliki nama berkaitan dengan alam yaitu River, Rain, Liberty, dan Summer. Namun saat berusia 15 tahun, ia kembali mengganti namanya menjadi Joaquin Rafael Phoenix.

3. Joaquin Phoenix Sempat Rehat dari Dunia Hiburan

Joaquin Phoenix sempat rehat dari dunia hiburan. Hal ini lantaran kakak Phoenix, River meninggal dunia setelah mengalami overdosis. Phoenix rehat dari dunia hiburan selama setahun dan kembali lagi pada tahun 1995 lewat film To Die For.

4. Joaquin Phoenix Menang Banyak Penghargaan

Sepanjang kariernya, Phoenix dikenal sebagai aktor watak yang telah membintangi sejumlah film seperti Gladiator, The Master, Her, Inherent Vice, dan You Were Never Really Here. Dia telah memenangkan penghargaan dari Golden Globe Award, Grammy Award, Independent Spirit Award, Cannes Film festical, dan Venice Film Festival.

5. Kehidupan Pribadi Joaquin Phoenix


Phoenix menjalin hubungan dengan aktris Rooney Mara sejak akhir tahun 2016. Pasangan beda usia 10 tahun ini bertunangan sejak Juli 2019. Keduanya pernah main bareng Film 'Her' dan 'Marry Magdalena'.

6. Joaquin Phoenix Seorang Vegan

Joaquin Phoenix dikenal sebagai seorang vegan dan aktivits hak-hak binatang. Ia juga merupakan anggota dari komunitas pembela hak-hak binatang seperti In Defense of Animals dan PETA.


Sebagai seorang vegan, ia juga menolak untuk mengenakan kostum yang terbuat dari kulit binatang di film yang ia bintangi. Seperti saat membintangi film Gladiator dan Walk the Line, Phoenix meminta kostumnya dibuat dari bahan sintetis.


Phoenix juga dilaporkan berhasil melobi Hollywood Foreign Press Association untuk mengubah menu makanan dalam semua ajang menjadi vegan. Hal ini pun berdampak dengan hampir seluruh menu yang ada di Oscar 2020 adalah vegan, yakni keju vegan, jamur maitake, dan kumquat pavlova.


7. Joaquin Phoenix Diet Ekstrem di Joker


Untuk peran Arthur Fleck, Joaquin Phoenix juga berusaha keras untuk menurunkan berat badannya. Dia pun melakukan diet khusus dalam pengawasan dokter agar tetap dalam jalur yang sehat.


Joaquin Phoenix berhasil menurunkan 23,6 kilogram berat badannya sebelum syuting 'Joker'. Tak heran tubuh kurus hingga tulang punggung Joaquin tampak menonjol dalam film. Beruntung setelah syuting selesai berat badannya langsung naik 11 kilogram.

8. Joaquin Phoenix Aktor Terbaik Oscar


Joaquin Phoenix didaulat sebagai aktor terbaik Piala Oscar 2020. Dia mengalahkan aktor-aktor hebat seperti Antonio Banderas, Leonardo DiCaprio, Adam Driver, dan Jonathan Pryce.


Kemenangan Phoenix sudah diprediksi sebelumnya. Dia bersama Adam Driver menjadi pemenangnya. Namun kemenangan jatuh di tangan Joaquin Phoenix.



Simak Video "Joaquin Phoenix Ditawari Angka Fantastis untuk Sekuel 'Joker'"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)