detikHot

celeb

Istri Opick Minta Maaf, 'Iqro Prediksi Corona' Ternyata Masuk List Hoax Kominfo

Selasa, 04 Feb 2020 10:44 WIB Tim detikHot - detikHot
Bebi Silvana Bebi Silvana (Foto: Instagram)
Jakarta -

Istri Opick, Bebi Silvana, minta maaf setelah bikin heboh karena mengunggah 'virus corona ada di Iqra'. Ternyata, konten soal 'Iqro prediksi corona' sudah dinyatakan hoax oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kominfo merilis daftar 54 hoax dan disinformasi soal virus Corona yang telah ditemukan pada Senin (3/2) kemarin. Ada 1 hoax yang ditemukan pada 6 Mei 2019 sementara 53 lainnya menyebar sejak 23 Januari-3 Februari 2020.

Daftar 54 konten hoax dan disinformasi itu ditampilkan di situs Kominfo. Di nomor 40, ada tentang 'Kitab Iqro Sudah Lama Memprediksi Terjadinya Virus Corona'. Konten ini sama dengan yang sempat diunggah oleh Bebi Silvana.

Dalam keterangan Kominfo, konten itu dicap sebagai 'Disinformasi'. Kominfo sendiri tidak menyebut langsung siapa yang menyebarkan konten itu. Berikut bunyi penjelasan Kominfo:

Telah beredar sebuah akun Twitter dengan narasi "Ternyata, Para Kiai dan Ulama Indonesia, jauh sebelumnya sudah memprediksi terjadinya Virus Corona. Disebutkan dalam sebuah Kitab Ngaji Iqro".

Faktanya, setelah ditelusuri klaim bahwa buku Iqra telah memprediksi virus Corona diciptakan pada zaman yang penuh kebohongan adalah salah. Memang ditemukan kata "QO-RO-NA" pada buku Iqra jilid 1 halaman 28. Namun, kata "QO-RO-NA" pada buku Iqro tak memiliki hubungan dengan Coronavirus atau Virus Corona, yang mewabah di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.

Istri Opick Minta Maaf, 'Iqro Prediksi Corona' Ternyata Masuk List Hoax KominfoFoto: Daftar hoax Kominfo soal 'Iqro prediksi corona' (Dok. Kominfo)

Photo Gallery
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video " Berikut Negara-negara yang Lockdown Gegara Wabah Corona"
[Gambas:Video 20detik]

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com