Rizky Febian Lapor Pasal Pembunuhan, Ini Kronologi Kematian Lina

ADVERTISEMENT

Rizky Febian Lapor Pasal Pembunuhan, Ini Kronologi Kematian Lina

Dony Indra Ramadhan - detikHot
Kamis, 30 Jan 2020 13:23 WIB
Rizky Febian berurai air mata saat ceritakan jasa ibunda terhadap karier dan kehidupannya.
Rizky Febian menangis saat Lina, ibunya meninggal dunia Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom
Jakarta -

Lebam di tubuh Lina Jubaedah, mantan istri pelawak Sule membuat Rizky Febian melapor ke polisi. Rizky membuat laporan dengan tuduhan pembunuhan berencana.

Hal itu dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri. Dia menyatakan pelantun 'Kesempurnaan Cinta' itu membuat laporan dengan dugaan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dan 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.


"Ya itu kan laporan awal, itu yang dilaporkan Rizky Febian. Itu dugaannya Pasal 338 dan 340 itu dugaannya," ucap Galih saat dihubungi detikcom, Rabu (29/1/2020).

Pasal 338 KUHP itu sendiri berbunyi:

"Barang siapa dengan sengaja menghilangkan nyawa orang lain, karena bersalah telah melakukan pembunuhan dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima belas tahun"

Sementara Pasal 340 KUHP berbunyi:

"Barangsiapa dengan sengaja dan dengan direncanakan lebih dahulu menghilangkan nyawa orang lain, dihukum karena pembunuhan direncanakan, dengan hukuman mati atau penjara seumur hidup atau penjara sementara selama-lamanya dua puluh tahun."

Meski melaporkan dengan pasal pembunuhan, Rizky memang tak menulis siapa terlapornya.

"Tapi dalam laporan itu tidak menyebutkan siapa pelakunya. Makanya dari dasar laporan itu polisi menindaklanjuti," kata Galih.

Abdurahman T Pratomo, selaku kuasa hukum menjelaskan kronologi meninggalnya Lina.

"Jam 04.00 kurang itu posisi Bu Lina sudah pingsan. Kemudian dibawa ke Rumah Sakit Al Islam. Pukul 05.30, dokter menyatakan kalau Ibu Lina sudah meninggal. Langsung dibawa ke rumah duka di Neptunus. Kronologisnya seperti itu," jelas Abdurrahman.

Meninggalnya Lina juga dipicu dari sakit lambung dan darah tinggi yang dimilikinya. Sempat terdengar kabar Lina meninggal karena sakit jantung, namun hal itu tampak tak dibenarkan oleh Abdurrahman.

"Terus saya tanya itu sakitnya apa ke keluarganya. Dia memang punya riwayat penyakit lambung. Mungkin juga ada komplikasi dengan darah tinggi karena kecapekan habis liburan," lanjutnya.

"Seperti itu yang saya dapat informasi langsung dari keluarganya. Jadi kalau serangan jantung, terlalu jauhlah. Saya nggak mendengar itu," sahutnya lagi.

Selain itu, Abdurrahman menyebut Sule dan anak-anaknya turut hadir dalam suasana duka ini.

Rizky Febian Lapor Pasal Pembunuhan, Ini Kronologi Kematian Lina


"Ada semua (keluarga Sule). Sule hadir. Sule datang sebelum dimandiin, dia sudah ada. Rizky Febian jauh lebih duluan dia datang," tukasnya.

Lina meninggal dunia pada Sabtu (4/1). Penyebab kematian Lina menimbulkan teka-teki hingga anak sulung Lina dan Sule, Rizky Febian membuat laporan polisi. Laporan ditindaklanjuti dengan dilakukannya autopsi terhadap jenazah Lina pada Kamis (9/1).



Simak Video "Teddy Ngaku Jual Mobil atas Saran Sopir Lina Jubaedah"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT