detikHot

celeb

Kobe Bryant Meninggal Dunia, Ini Jejak Karier dan Prestasi sang Legenda NBA

Senin, 27 Jan 2020 12:04 WIB Lusiana Mustinda - detikHot
Kobe Bryant meninggal. Foto: Photo by Sean M. Haffey/Getty Images
Jakarta -

Kobe Bryant meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter yang ditumpanginya. Pergi bersama sang putri, kecelakaan ini menewaskan sekitar sembilan orang. Hal ini menjadi duka yang mendalam bagi dunia olahraga.

Kobe Bryant tewas dalam kecelakaan helikopter di Calabasas, California, Amerika Serikat pada Minggu (26/01) pagi waktu setempat. Bersama dengan putrinya, Gianna Maria Onore yang berusia 13 tahun ia menaiki helikopter Sikorsky S-76.

Mantan pemain La Lakers itu menggunakan helikopter menuju Mamba Academy dekat Thousand Oak, California untuk berlatih basket. Selain Kobe Bryant dan putrinya, ada juga pelatih basket Orange Coast College, John Altobelli, putri dari John Altobelli (Alyssa Altobelli) dan istrinya (Keri Altobelli).

Berikut beberapa hal terkait meninggalnya legenda basket Kobe Bryant dan jejak kariernya yang cemerlang:

1. Kronologi Kecelakaan

Menurut saksi mata, mesin helikopter sempat mengeluarkan bunyi dan terbakar sebelum akhirnya terjatuh. Melalui panggilan 911, Kantor LA Country Sheriff mendapatkan kabar bahwa pada pukul 09.47 waktu setempat ada kecelakaan dan kebakaran helikopter.

Sekitar delapan menit kemudian petugas sampai di lokasi dan api baru bisa dipadamkan satu jam setelahnya. Dalam video yang beredar, helikopter yang ditumpangi oleh Kobe Bryant oleng sebelum akhirnya terjatuh di perbukitan sekitar 7,6 kilometer dari pusat kota Los Angeles.

Sembilan orang meninggal dalam insiden tersebut, termasuk seorang pilot dan delapan penumpang.

Kobe Bryant dan istri. Kobe Bryant dan istri. Foto: instagram @kobebryant

2. Prestasi

Kobe Bryant lahir di Philadelphia pada 23 Agustus 1978. Bryant dikenal sebagai guard untuk La Lakers terutama untuk posisi shooting guard. Sang legenda mengantarkan Lakers menjadi juara NBA selama lima kali, yakni pada tahun 2000, 2002, 2009 dan 2010.

Dan di tahun 2009 dan 2010, Kobe Bryant tercatat sebagai pemain ternaik pada NBA Finals.

Tak hanya itu, saat bermain di All Star Game, Kobe juga mencatatkan diri sebagai yang terbaik sebanyak 4 kali yaitu pada tahun 2002, 2007, 2009 dan 2011.

Berkat prestasinya, nama Kobe Bryant sering disejajarkan dengan legenda basket seperti Michael Jordan atau Magic Johnson.

Tak hanya mencetak prestasi bersama LA Likers, Kobe Bryant juga mencatatkan prestasi bersama Tim Basket AS dan meraih dua mendali emas pada Olimpiade Beijing tahun 2008 dan Olimpiade London 2012.

3. Pensiun

Kobe Bryant pensiun dari NBA pada tahun 2016 setelah bermain selama 20 musim. Untuk menghormati prestasi yang sudah diraih Kobe Bryant, LA Likers telah memensiunkan nomor punggung 8 dan 24 yang ia kenakan selama bermain.

4. Duka bagi Dunia Olahraga

Michael Jordan juga mengungkapkan perasaan emosionalnya saat mendengar meninggalnya Kobe Bryant.

"Saya shock mendengar kabar tragis meninggalnya Kobe dan Gianna," ujar Michael Jordan, dikutip dari Business Insider.

"Kata-kata tidak dapat menggambarkan rasa sakit yang saya rasakan," jelas pemain Chicago Bulls era 1985-1998.

Selain itu, LeBron James juga menangis. LeBron merupakan penggemar berat Kobe Bryant. Namun keduanya tidak pernah bermain dalam satu tim karena sang legenda lebih dulu pensiun pada 2016 sedangkan LeBron baru bermain untuk Lakers musim lalu.

Kobe Bryant Meninggal Dunia, Ini Jejak Karier dan Prestasi sang Legenda NBA




Simak Video "Saksi Mata: Ada Beberapa Ledakan dari Helikopter Kobe Bryant"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com