Alasan Henky Solaiman Tak Ingin Operasi Kanker Usus

Desi Puspasari - detikHot
Kamis, 23 Jan 2020 12:07 WIB
Foto: dok. Instagram Henky Solaiman
Jakarta -

Henky Solaiman pamit dari dunia sinetron hingga kanker usus yang diidapnya sembuh. Namun, Henky Solaiman tidak berniat untuk melakukan operasi. Kini, aktor senior itu hanya menjalankan terapi magnet.

Terapi yang dijalani oleh Hanky Solaiman dilakukan selama dua hari sekali. Dia pun tak melakukan kemoterapi dan operasi kanker kolon (usus besar).

"Nggak. Soalnya gini yang ganas di dekat rektum. Itu kalau dioperasi ada kemungkinan besar pakai kantong yang seumur hidup. Itu yang saya pikir nggak nyaman, ya pakai kantong itu, tiap kali BAB mesti dibersihin, tiap kali BAB mesti dibersihin," ungkap Henky Solaiman kepada detikcom, Kamis (23/1/2020).

Henky berpikir itu bisa sangat merepotkan jika kelak dia harus buang air besar lebih dari tiga kali. Hal itu membuatnya sangat tidak nyaman jika menggunakan kantong.

"Lalu ada terapi magnet, saya pakai ini aja dulu. Kemo juga agak berat kalau lagi lemah. Seluruh sel dimatikan nanti malah lebih parah lagi jadinya," ungkapnya.

"Operasi, setelah itu harus pakai kantong dulu. Nanti setelah sembuh lukanya, kalau masih ada tempat disambung ya disambungkan, tapi kalau nggak (bisa disambung) ya pakai kantong seumur hidup. Nah itu, bawa-bawa kantong syuting, repot juga, ganti kostum, ganti baju, repot juga," tukas Henky Solaiman.

Beruntung Henky merasa tidak ada pantangan yang membuatnya kesulitan. Dia hanya perlu bisa menjaga diri sendiri.

"Mestinya kalau bisa jam 10 (malam) sudah tidur. 'Dunia Terbalik' mainnya jam 10 (malam) baru mulai, jam 12 (malam) baru selesai, gimana saya mau tinggalin? Kadang ada film bagus yaudah nonton film aja dulu. Ya nontonnya sambil tiduran di tempat tidur," aku Henky Solaiman sambil tertawa.

Alasan Henky Solaiman Tak Ingin Operasi Kanker Usus


Simak Video "Usai Kremasi, Abu Henky Solaiman Tak Langsung Dilarung ke Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)