detikHot

celeb

Mengenang Ade Irawan, Ini Sepak Terjangnya di Dunia Film

Jumat, 17 Jan 2020 17:23 WIB Tim detikhot - detikHot
Foto: Instagram/Mengenang Ade Irawan, Ini Sepak Terjangnya di Dunia Film
Jakarta - Ade Irawan meninggal dunia hari ini Jumat (17/1//2020) pukul 14.22 WIB. Ade wafat tidak lama setelah anaknya, Ria Irawan meninggal dunia.

Kepergian Ade Irawan diungkapkan anaknya, Adi Bambang Irawan lewat Instagram. Disebutkan Ade Irawan meninggal di RS Fatmawati.
Kepergian Ade Irawan menambah duka dalam keluarga yang belum lama ditinggal Ria Irawan. Setelah berjuang melawan kanker di tubuhnya, Ria Irawan meninggal dunia pada 6 Januari 2020 lalu.

Buat milenial yang belum tahu, berikut sepak terjang Ade Irawan di dunia perfilman:

1. Artis Film

Ade Irawan muda adalah seorang artis film. Dia membintangi film Hanya Satu Jalan (1972) karya Bambang Irawan, Puspa Indah Taman Hati (1979) karya sutradara Arizal. Dalam film ini, dia beradu peran dengan Rano Karno dan Yessi Gusman.

Film terkenal lain yang pernah dibintanginya antara lain adalah Jinak-Jinak Merpati (1975) dan Widuri Kekasihku (1976) garapan Sophan Sophiaan, serta Cinta Abadi (1976) garapan Wahyu Sihombing. Ade juga sempat bermain film Ungu Violet (2005) bareng Dian Sastro. Kemudian, Dreams sebagai Nenek Fatin pada 2016.

Sebelum main film utama, Ade Irawan ini merupakan aktris figuran dalam Film Diambang Fadjar. Film ini diproduksi oleh Agora, rumah produksi milik Bambang Irawan, suaminya, pada 1964.

2. Ibu Almarhumah Ria Irawan

Aktris bernama asli Arzia Dahar ini menyalurkan bakat seninya pada anak-anaknya. Terlebih lagi suaminya, Bambang Irawan, merupakan sutradara.

Anak-anaknya seperti almarhumah Ria Irawan, Adhi Irawan, dan Dewi Irawan tampil dalam berbagai film. Bahkan Ade Irawan bermain bareng tiga anaknya pada yang diproduseri suaminya, Fajar Menyingsing (1975).

3. Pemain Sinetron

Pada usia senjanya, Ade Irawan terjun ke dunia sinetron dengan membintangi beberapa judul. Salah satunya adalah Bawang Merah Bawang Putih yang dibintangi Nia Ramadhani dan Revalina S. Temat.

Photo Gallery
Selanjutnya
Halaman
1 2

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com