detikHot

celeb

Idap Bipolar, Cerelia Raissa Pernah Coba Bunuh Diri Sejak Umur 5 Tahun

Kamis, 02 Jan 2020 10:27 WIB Mauludi Rismoyo - detikHot
Cerelia Raissa sudah coba bunuh diri sejak kecil. (Foto: instagram @cereliaraissa)
Jakarta - Cerelia Raissa menceritakan lagi masalah hidupnya di channel YouTube Gritte Agatha. Usai mengaku dulu alkoholic, kini sang aktris mengatakan mengidap mental illness.

Cerelia Raissa dinyatakan bipolar oleh psikiater sejak masih duduk di bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama). Ketika divonis, wanita berhijab itu sama sekali tidak menolak.

"Gue menerima apa adanya. Gue walaupun agnostik, saat itu gue tipenya gue percaya Tuhan sudah atur semuanya. Gue menerima oh gue orang gila, oh mau diapain lagi," ujarnya.


Penyakit mental illness yang diidap Cerelia Raissa ternyata sama sekali tak diketahui orang tuanya. Menurutnya, ibu dan ayahnya begitu cuek terhadapnya dari kecil.

"Nggak (tahu) sampai detik ini keluarga gue maupun keluarga besar gue nggak tahu. Keluarga aku bukan tipe yang suka nanya, 'How was your day?'. Apa pun tuh nggak pernah nanya, jadi cuek saja. Ya anak sekolah mandi jam segini, makan jam segini, jadi gue kayak robot. Jadi gue nggak pernah ngerasain kasih sayang," ucapnya.

Meski menerima divonis bipolar, Cerelia Raissa juga pernah berada dalam posisi sudah putus asa untuk hidup. Ia bahkan sudah terpikir bunuh diri ribuan kali dan pernah mencoba hal itu sejak umur 5 tahun.

"Aku suicide told ribuan kali. Suicide told ya, bukan suicide attempt. Dari umur 5 tahun, aku sudah berusaha untuk meninggal dengan suicide attempt, waktu itu gue makan Panadol 2 strip. Gue sakit. Gue paling parah itu sudah pernah pegang pisau mau bunuh diri atau gantung diri. Entah kenapa setiap itu ada saja teman gue datang," tuturnya.


Untuk mengatasi mental illness, Cerelia Raissa masih terus melakukan treatment dan minum obat. Wanita 22 tahun itu ingin sekali hidup normal, seperti kebanyakan orang.

"Aku self healing, hypnotherapy, terus minum obat, terus meditasi minimal 10 menit setiap hari," katanya.




Simak Video "Jarang Terlihat di Layar Kaca, Gritte Agatha Fokus Jadi YouTuber"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/pus)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com