Zul 'Zivilia' Ikhlas, Izinkan Istri Cari Suami Lagi

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 17 Des 2019 09:48 WIB
Foto: Ismail/detikFoto
Jakarta - Zul 'Zivilia' ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba pada Februari 2019. Ternyata saat ditangkap, Zul sempat memperbolehkan sang istri untuk mencari penggantinya.

Hal itu diungkapkan Retno Paradinah sebagai istri Zul yang hadir pada persidangan pledoi yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (16/12/2019).



"Itu awal pas kejadian itu pas waktu-waktu awal kepanggil udah langsung bilang, 'saya ikhlas kalau kamu mau pergi ninggalin aku, dengan keadaan aku seperti ini aku nggak bakalan tau keluarnya kapan, saya takut kalau nantinya kamu nggak kuat lihat keadaannya' itu terus sih yang diucapkan," papar Retno sambil tak kuasa menahan tangis.

Namun hingga saat ini Retno masih setia menemani Zul dalam persidangannya yang cukup panjang. Bagi Retno masalah kali ini membuat pelajaran baru.



"Ya saya menguatkan dia karena sebenarnya masalah-masalah rumah tangga itu dari dulu kan banyak, tapi dengan cara saya bertahan jadi pembelajaran buat saya untuk masalah ini. Buat saya juga bisa lebih bertahan lagi menghadapi ujian kami berdua," sambungnya.

Retno saat ini juga sering mengeluh perihal pemasukan perekonomian keluarganya yang menurun. Ia bahkan rela menjual beberapa alat musik milik Zul demi kelangsungan hidupnya.



Meski begitu, ada beberapa hal yang dapat menguatkan Retno dari permasalahan hidupnya ini.

"Dukungan orang tua dan anak-anak juga. Kalau nggak ada saya siapa lagi, bapaknya udah nggak sama mereka lagi, kalau misalnya saya sendiri nggak kuat, kasihan anak-anak," tukas Retno.

Simak Video "Sidang Ditunda, Istri Zul 'Zivilia' Keluhkan Biaya Transportasi"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/wes)