Lukman Sardi Beberkan Hubungan dengan Mendiang Ayah Pascapindah Agama

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 27 Nov 2019 15:24 WIB
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Pada 2015, Lukman Sardi heboh karena video kesaksiannya berpindah keyakinan dalam sebuah ulang tahun gereja. Santer disebut almarhum ayah Lukman Sardi kecewa.

Lukman Sardi mengatakan kisahnya ini adalah sebuah perjalanan. Setiap orang mempunyai perjalanan yang berbeda-beda.

"Itu perjalanan sih. Setiap orang punya perjalanan berbeda-beda, konsekuensi dari pilihan yang dia ambil. Di kasus gue adalah latar belakang tentang agama," ucap Lukman Sardi dalam channel YouTube 'Alvin & Friends', Rabu (27/11/2019).


Lukman Sardi menjelaskan keluarganya memang punya agama Islam yang kuat. Tapi, di balik itu Lukman mengatakan keluarganya hidup dalam keberagaman.

"Keluarga gue punya latar belakang agama Islam yang kuat, tapi banyak orang nggak tahu kalau sepupu-sepupu bapak gue juga banyak yang Kristen. Sepupu bapak gue, termasuk dari ibu gue, di keluarga gue sangat plural dan besar dalam lingkungan itu," jelas Lukman.

Lukman membuka cerita, ketika dirinya memilih berpindah almarhum ayahanda memberikannya pembebasan. Lukman sangat mengingat bagaimana almarhum sang ayah memberikan pesan.

"Walaupun namanya orang tua maunya anaknya sama (agamanya). Bapak gue juga jujur mengatakan itu. Dia mengatakan, 'This is your life, not my life.'. Tapi dia mengingatkan saat lo ambil pilihan lo harus bertanggung jawab," bebernya.

"Ini sekaligus mematahkan ada orang bilang ini pasti bapaknya sedih, bapaknya apa. Bapak gue sebelum meninggal justru dia happy. Jujur nih baru gue bilang, (bapak gue bilang), 'Kamu sekarang berada di tempat yang paling tepat buat kamu Lukman.'. Maksudnya biar orang-orang tahu kondisinya seperti itu," tegas Lukman Sardi.


Lukman Sardi Beberkan Hubungan dengan Mendiang Ayah Pascapindah Agama


Simak Video "Pandangan Lukman Sardi Terkait Pembukaan Bioskop di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/kmb)