detikHot

celeb

Alami Sleep Apnea, Pandji 2 Kali Hampir Mati karena Tabrakan

Jumat, 08 Nov 2019 18:11 WIB Mauludi Rismoyo - detikHot
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pandji Pragiwaksono menceritakan permasalahan kesehatan di channel YouTube. Sang komika mengaku mengalami gangguan tidur serius atau sleep apnea.

Pandji mengaku sudah mengalami hal tersebut sejak lama. Pada tur stand up comedy 2013 ia pernah menceritakan soal sleep apnea.

"Gue cerita bahwa gue punya masalah dengan ngorok, terus istri gue terganggu dengan gue ngorok dan sampai dengan 2019 masalah ngorok gue tuh belum selesai. Tapi ada yang gue nggak jelasin lebih detail, jadi selama gue ngorok gue berhenti bernapas seketika gue ngorok. Itulah yang sebenarnya mengganggu keluarga gue," ujarnya dalam video.


Namun, Pandji Pragiwaksono menganggap remeh hal tersebut pada awalnya. Sampai saat berulang tahun ke-40, ia mendapat peringatan terkait kondisi kesehatannya.

"Jadi gue beresin satu per satu termasuk tidur gue. Yang gue alamin itu namanya sleep apnea. Sleep apnea adalah ngorok sampai tahap di mana napasnya berhenti dan dari yang gue baca ini tuh nakutin bisa punya risiko ke jantung. Bukan cuma itu kadar oksigen yang masuk ke otak juga berkurang, makanya kalau pas bangun lo tetap lemas. Jadi tidur tuh sangat krusial dan ngaruh ke banyak faktor," tuturnya.

Lalu, Pandji menanyakan dokter yang bagus untuk mengatasi sleep apneanya di Twitter. Usai mendapatkan dokternya, ia ternyata tak langsung mengatasinya.

"Butuh satu tahun buat gue datang ke beliau (Andreas Prasadja) di Mitra Keluarga Kemayoran," katanya.


Pandji kemudian diminta untuk tidur semalam di rumah sakit untuk mengecek kesehatannya. Ia bersyukur setelah mengetahui hasil pemeriksaannya.

"Habis diperiksa tidur alhamdulillah tidak terlalu parah kondisinya," ujarnya.

Pandji Pragiwaksono memang ingin sekali mengatasi sleep apneanya. Sebab, ia hampir tewas karena tabrakan yang disebabkan mengantuk.

"Ngantuk gue ini ekstrem banget smpai gue pernah tabrakan di tol 2 kali yang hampir mengambil nyawa gue. Terus orang yang ketemu gue di workshop atau seminar pasti sering ketemu gue lupa pertanyaan," tuturnya.




Simak Video "Kritikan Pandji Buat yang Suka Ngomong, "Nyesel Kan Lo Pilih Jokowi?""
[Gambas:Video 20detik]
(mau/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com