detikHot

celeb

Seputar Wanda Hamidah yang Kicauannya Jadi 'Ramalan"

Kamis, 17 Okt 2019 12:22 WIB Rizky Wika Shintya Devi - detikHot
Wanda Hamidah. Foto: (Foto: Instagram @wanda_hamidah) Wanda Hamidah. Foto: (Foto: Instagram @wanda_hamidah)
Jakarta - Politikus yang juga artis, Wanda Hamidah sedang menjadi bahan perbincangan warganet. Ini terkait postingannya di akun Twitter Wanda Hamidah @wanda_hamidah 5 tahun lalu.

Postingan Wanda lima tahun lalu dianggap menjadi nyata sekarang ini. Warganet pun mengungkit kembali postingan tersebut dengan tagar #WandaHamidahPeramalUlung dan menjadi trending di Indonesia.


Seperti apa Wanda dan bagaimana kicauannya yang diunggah pada 2014 lalu? Ini fakta-fakta yang dirangkum detikcom.

1. Mantan Aktivis '98

Wanda aktif mengikuti aksi 1998 saat menurunkan kekuasaan Orde Baru. Salah satu aktivis kampus ini bahkan menjadi saksi langsung saat berdemo yang berujung peristiwa berdarah penembakan mahasiswa Trisakti '98 lalu. Pada saat itu, Wanda Hamidah menjabat sebagai Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Trisakti periode 1998-1999.

2. Perjalanan Karier

Di kala remaja dia menekuni dunia modeling. Gambar wajahnya kerap muncul di sampul majalah hingga tayangan iklan televisi.

Selain aktif berorganisasi dan kegiatan sosial, belakangan perempuan kelahirian 22 September 1977 itu mulai mendalami isu politik. Pada 2006 dia bergabung dengan Partai Amanat Nasional yang mengantarkannya menjadi Anggota DPRD DKI Jakarta periode 2009-2014.

3. Penghargaan

Berkat kepeduliannya terhadap persoalan Hak Asasi Manusia, Wanda Hamidah pernah mendapatkan sebuah penghargaan sebagai Artis Peduli Hukum dan HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menhukam) pada April 2008.

4. Beda pilihan dengan PAN

Pada pilpres tahun 2014 lalu, nama Wanda Hamidah rupanya kembali menjadi topik hangat karena ia memiliki perbedaan pilihan dengan Partai Amanat Nasional, tempatnya berkarier politik.

Saat itu partai PAN menjadi salah satu pendukung pasangan calon Prabowo-Hatta Rajasa, sedangkan Wanda Hamidah menyatakan pilihannya terhadap pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Akibatnya ia dipecat dari struktural partai berdasarkan Surat Keputusan DPP PAN No PAN/A/Kpts/KU-SJ/061/VIII/2014.

Setelah dikeluarkan dari PAN, Wanda bergabung dengan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).Dan, di pemilu 2019 ia kembali mencalonkan diri sebagai Dapil Jakarta 1 tapi sayangnya ia gagal lolos menjadi anggota legislatif.

5. Kicauan Wanda jadi 'Ramalan'

Berikut ini deretan kicauan tweet Wanda Hamidah yang jadi trending topic twitter Indonesia :

1. Gerakan hari ini sekedar mengingatkan.. kita pernah menentang sistim otoriter.. enggak enak hidup di zaman itu.

2. Jangan sampai nanti engga bisa ngetik lagi.. baru nyesel..

3. Nanti engga bisa nulis lagi.. baru nyesel..

4. Nanti punya media dibredel.. baru nyesel..

5. Nanti punya anak terus hilang engga pulang2 krn mengkritisi pemerintahan.. baru nyesel..

6. Nanti engga bisa ke tps milih pemimpin atau partai yang kita suka.; baru nyesel..

7. Nanti engga bisa baca buku atau nonton film yg dibilang mengancam 'stabilitas nasional'.. baru nyesel..

8. Itu ajaa sih.. ngingetin doang.. pernah terjadi soalnya, jangan dipikir tak bisa kembali ..


Viralnya cuitan Wanda Hamidah tersebut bahkan berhasil menaikkan jumlah followers Wanda Hamidah ig (@wanda_hamidah) loh.

"Alhamdulillah membuahkan hasilnya 2000 followers.. Terimakasih sudah follow. semoga betah ya," kata Wanda Hamidah menyapa pengikut barunya di fitur instastory, media sosial Instagram.






Simak Video "Makna Cinta dalam Karya Raisa Berubah Usai Menikah "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com