detikHot

Bangkit dari Bully

Bahas Etika Bermedsos, Christian Sugiono: Harusnya Bikin Kayak SIM

Selasa, 15 Okt 2019 19:48 WIB Asep Syaifullah - detikHot
Christian Sugiono tawarkan ide terhadap netizen. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Christian Sugiono tawarkan ide terhadap netizen. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Sejumlah orang meninggal dunia dengan cara bunuh diri salah satunya karena bully di media sosial atau yang dikenal sebagai cyberbullying. Seperti halnya yang terjadi pada Sulli eks member f(x).

Sulli memilih mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di apartemennya usai tak sanggup menahan bully-an yang menghujamnya. Hal itupun menjadi salah satu faktor ia menderita depresi.

Sebelumnya juga sudah ada daftar panjang yang menjadi korban dari keisengan para netizen yang berakibat fatal. Menyikapi hal tersebut, Christian Sugiono mengutarakan sebuah ide.

Artis sekaligus pengusaha di bidang teknologi itu mengatakan, harusnya ada pembelajaran soal etika bermedia sosial sejak dini.

"Harusnya mulai sekarang itu di sekolah-sekolah mulai di ajarkan, karena ini sudah jadi sesuatu yang membahayakan," ujarnya pada detikHOT, Selasa (15/10).

Ia bahkan menyebut jika para netizen harusnya dibuatkan sebuah surat atau lisensi seperti halnya SIM (Surat Izin Mengemudi). Hal ini bertujuan agar mereka bisa tahu batasan-batasan dalam menggunakan sosial media.

Sikap cuek netizen pun dianalogikannya lewat sebuah sudut pandang. Kadang para netizen menganggap gaya hidup serta norma yang berlaku pada para artis sama dengan dirinya tanpa melihat kehidupan sosial ataupun background artis tersebut.

"Kita satu (korban atau artis) ngeliatnya luas, kalau netizen dia rame-rame ngeliatnya satu. Dia nggak sadar bahwa dia diperhatikan oleh kita, jadi dia pikir 'nggak diperduliin gua, ngomong aja asal,'" ungkap Tian.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah membuka layanan konseling dengan nomor darurat 119 yang dapat dihubungi sebagai pencegahan aksi bunuh diri. Layanan tersebut sengaja dibuka untuk menjaga kesehatan mental individu yang mengalami depresi.


Simak Video "Eksklusif! Christian Sugiono: Aktor-Pebisnis yang Cinta Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com