detikHot

Bangkit dari Bully

Selena Gomez Ingatkan Bahaya Cyberbullying

Selasa, 15 Okt 2019 18:30 WIB Asep Syaifullah - detikHot
Selena Gomez sebut bahaya cyber-bullying. Foto: Dok. Instagram Selena Gomez sebut bahaya cyber-bullying. Foto: Dok. Instagram
Jakarta - Selama beberapa tahun Selena Gomez pernah menjadi orang nomor satu di instagram, namun ternyata ia justru tak menyukai aplikasi tersebut. Di saat orang-orang berlomba mendapatkan follower, Selena justru seolah mengabaikan lini masa tersebut.

Hal itu disebabkan komentar negatif yang selalu muncul di kolom komentar. Meskipun lebih banyak komentar positif, namun mantan Justin Bieber itu selalu merasakan efek negatif dari komentar tersebut.

"Kadang, kau tak bisa menghindarinya (komentar negatif). Aku menghapus aplikasi tersebut dari ponselku tiap pekannya. Kau akan terfokus pada komentar itu. Mereka tidak seperti 'Kau jelek'. Namun mereka seolah ingin memotong jwamu," tuturnya pada New York Times pada 2017 lalu.

Selena pun sempat melakukan detoks media sosial, atau mengabaikan semua media sosial dan tak pernah membukanya lagi. Hal itu dikarenakan media sosial menurutnya memberikan dampak buruk.

"Aku pikir dunia kita akan melalui banyak hal. Tapi untuk generasiku khususnya, media sosial sudah menjadi sangat buruk," tuturnya pada 21 Mei 2019 dilansir dari BBC.

Hal yang diutarakannya senada dengan penelitian pada remaja di Jerman. Dilansir dari Web MD, ada 12 ribu remaja Jerman, Polandia dan Rumania yang menggunakan media sosial selama lebih dari dua jam sehari dan beresiko melakukan cyberbullying.

"Dalam semua kasus, penggunaan sehari-hari yang lebih tinggi tanpa pengawasan dan latar belakang literasi digital dapat menyebabkan remaja mengunggah informasi pribadi dan bertemu orang asing secara online," ujar Dr Artemis Tsitsika dari Yunani.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah membuka layanan konseling dengan nomor darurat 119 yang dapat dihubungi sebagai pencegahan aksi bunuh diri. Layanan tersebut sengaja dibuka untuk menjaga kesehatan mental individu yang mengalami depresi.


Simak Video "Bentuk Sayang, Selena Gomez dan Julia Michaels Bikin Tato Kembar"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com