detikHot

celeb

Rifat Umar, Pemain Sinetron 'Si Yoyo' yang Tersandung Kasus Narkoba

Jumat, 04 Okt 2019 13:35 WIB Rizky Wika Shintya Devi - detikHot
Rifat Umar. Foto: Rifat Umar (dok.Instagram) Rifat Umar. Foto: Rifat Umar (dok.Instagram)
Jakarta - Nama pesinetron, Rifat Umar kembali muncul akibat penangkapannya atas kasus narkoba. Berikut fakta tentang Rifat Umar.

Penangkapan artis Rifat Umat bersama dengan dua rekannya terkait kepemilikan narkoba jenis ganja. Seminggu sebelum diciduk polisi, Rifat Umar sempat menggunggah foto selfienya ke akun media sosialnya, Rifat Umar Instagram (@Rifatsungkar93)


Berikut fakta-fakta menarik mengenai Rifat Umar yang dirangkum detikHot:

1. Biodata Rifat Umar

Rifat Umar Sungkar lahir pada tanggal 20 Februari 1993 ini telah mencoba peruntungannya di dunia akting sejak kecil. Ia juga dikenal dengan sebutan Rifat Sungkar.

2. Karir

Di masa belia sudah menunjukkan bakat aktingnya dalam peran sebagi Oleh, bocah tengil sahabat Yoyo dalam sinetron komedi 'Si Yoyo'. Ia mengawali karirnya sebagai artis cilik pada awal tahun 2000-an. Dan sudah membintangi berbagai macam judul Rifat Umar sinetron, yaitu

Bayangan Adinda (2003)
Si Yoyo musim 1 (2003)
Oom Pasikom (2004)
Yoyo & Popo (2005)
Malin Kundang (2005-2006)
Pesantren & Rock n' Roll (2011)
Pangeran (2015-2016)
Pangeran 2 (2016-2017)
Kiamat Hari Jumat (2017)
Mimpi Metropolitan (2018-sekarang).

Dan, dua film layar lebar, seperti film Singa Karawang-Bekasi (2003) dan Janda Kembang (2009). Tak hanya itu, nama Rifat lenong juga cukup terkenal, ia mulai mengasah bakatnya di seni lenong.

3. Awal Mula jadi Artis Indonesia

Pria yang berusia 26 tahun ini, memulai karirnya sebagai seorang artis secara kebetulan. Berawal dari menemani temannya ke lokasi syuting, ia mulai menunjukkan ketertarikannya terhadap seni peran. Namun, sang ibu belum mengizinkannya hingga akhirnya Rifat Umar diperbolehkan untuk bergabung ke sanggar anak-anak. Seminggu bergabung, ia terpilih untuk menjadi peran figuran.

Lalu, ada seorang anak yang berperan sebagai peran utama tapi sering gagal dalam sesi pengambilan gambar. Akhirnya sang sutradara melihat bakat Rifat dan segera meminta ia untuk menggantikan. Dari sinilah, peruntungan karir Rifat dimulai.

4. Sosok yang Percaya Diri

Sejak kecil telah terkenal, semasa kecilnya ia telah memahami kepercayaan diri dibutuhkan untuk menjadi seorang artis. Hal itu dibuktikan dengan ia tampil trendi dengan mengenakan berbagai aksesoris, seperti bandana dan kacamata hitam. Ia juga senang bergaya di depan cermin untuk memastikan penampilannya menarik.

5. Kronologi Singkat Penangkapan Rifat Umar

Berawal dari laporan masuk ke Kepolisian perihal kasus penyalahgunaan narkoba yang berlokasi di sebuah rumah daerah Pesanggarahan, Jakarta Selatan. Penangkapan Rifat Umar merupakan hasil penyelidikan yang dikembangkan dari pelaku berinisial RR (32) yang ditangkap di rumah kos pada Selasa (1/10/2019) pukul 23.00 WIB. Rifat Umar ditangkap bersama dengan dua rekannya dan polisi melakukan tes urine. Hasilnya mereka positif menggunakan narkoba.

6. Barang Bukti

Polisi menggeledah isi rumah, menemukan narkoba jenis ganja dalam bentuk lintingan ataupun masih berada dalam kaleng.

Berikut ini daftar barang bukti yang diamankan dari penangkapan mantan artis cilik, Rifat Umar:

- 1 (satu) buah mobil Suzuki Ertiga warna abu abu
- 3 (tiga) buah kertas isi ganja
- 4 (empat) buah plastik sedang isi ganja
- 1 (satu) wadah kaleng isi ganja
- 1 (satu) buah plastik klip berukuran besar berisi ganja
- 3 (tiga) buah paket ganja dibungkus kertas
- 4 (empat) buah plastik klip berukuran kecil berisi ganja
- 1 (satu) set alat hisap sabu
- 1 (satu) buah handphone

Akibat kepemilikan barang-barang bukti tersebut, Rifat Umar (https://www.detik.com/tag/rifat-umar) dan dua temannya dapat dikenakan pasal 111 (2) Jo pasal 114 (2) sub pasal 132 Undang-undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.






Simak Video "Kahitna 'Bungkus' HUT ke-18 Transmedia dengan 'Cerita Cinta'"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com