detikHot

celeb

Dian Sastro, Lulus S2 Cumlaude yang 'Disenggol' Menteri Yasonna

Kamis, 26 Sep 2019 12:57 WIB Erwin Dariyanto - detikHot
Dian Sastrowardoyo. Foto: Istimewa/AIA Dian Sastrowardoyo. Foto: Istimewa/AIA
Jakarta - Dian Sastro disebut bodoh oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly karena dianggap belum membaca Revisi UU KUHP tapi sudah melemparkan komentar lebih dulu. 'Disenggol' Menteri Yasonna, perempuan bernama lengkap Diandra Paramita Sastrowardoyo yang lahir di Jakarta 16 Maret 1982 itu tak tersinggung.

"Saya dan teman-teman membaca.. dan ya, kami akan membaca dan membaca lagi. Karena lebih baik kita merasa bodoh, dan terus belajar.. daripada sudah merasa sudah tau semuanya," begitu tulis bintang 'Ada Apa dengan Cinta?' itu di akun Instagramnya.
Seperti apa rekam jejak pendidikan Dian Sastro?

Cucu Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo

Dian Sastro adalah cucu tokoh pergerakan nasional, Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo. Dia juga pernah menjadi menteri di masa Presiden Sukarno. Kakak dari sang kakeknya Dian, Subagio Sastrowardoyo merupakan seorang penyair ternama di masanya.

TK sampai SMA di Jakarta

Dimasa kanak-kanak Dian sekolah di TK Don Bosco. Pendidikan Dian Sastrowardoyo ketika SD dia tempuh di Strada Van Lith II di Duren Sawit, Jakarta. Kemudian SMP Vincentius Otsista, Jakarta kemudian melanjutkan ke SMA Tarakanita 1, Pulo Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

S1 Filsafat UI, S2 Lulus Cumlaude

Tamat SMA, Dian Sastro muda melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Namun di tengah jalan dia pindah jurusan untuk belajar di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Jurusan Filsafat dan meraih gelar sarjana 2007.

Pada Agustus 2014, Dian meraih gelar Master of Management dari Universitas Indonesia. Mantan gadis sampul 1996 itu lulus dengan predikat cumlaude.

Aktif mengkampanyekan pendidikan bagi perempuan

Dian Sastro aktif mengkampanyekan pemberdayaan perempuan. Tak lelah dia menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi perempuan. Bagi Dian, seorang wanita harus berpendidikan tinggi karena masa depan generasi yang lebih baik dan cerdas ada di tangan wanita.

"Wanita yang akan menjadi seorang ibu. Ibu-ibu cerdas yang akan menelurkan anak-anak cerdas," ujar Dian pada suatu ketika seperti dikutip dari detikHot.

"Hanya ibu yang berpikiran luas dan berpendidikan yang bisa membesarkan anak-anak yang open minded," lanjut Dian.






Simak Video "Usai Berkencan, Kini 'HIVI!' Ajak Penikmat Musiknya Bercerita Lebih Dekat"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com