detikHot

celeb

Bahas RUU Pertanahan, Hotman Paris Ajak Rakyat Protes

Rabu, 25 Sep 2019 15:07 WIB Asep Syaifullah - detikHot
Hotman Paris ajak rakyat tolak RUU Pertanahan. Foto: Dok. Instagram Hotman Paris ajak rakyat tolak RUU Pertanahan. Foto: Dok. Instagram
Jakarta - Pengacara sekaligus presenter Hotman Paris mengajak seluruh rakyat untuk memprotes Rancangan Undang Undang Pertanahan yang sedang digarap oleh DPR (Dewan Perwakilan Rakyat).

Dalam video yang diunggahnya itu, Hotman membahas soal HGB atau Hak Guna Bangunan yakni kewenangan yang diberikan oleh pemerintah untuk menggunakan sebuah lahan yang bukan miliknya sendiri dengan jangka waktu 30 tahun.

Ia mengatakan ada poin serius yang berbahaya bagi para rakyat, khususnya pemilik lahan HGB dalam undang-undang yang sedang disusun DPR.

"Apa resikonya kalau RUU Pertanahan sampai dikabulkan. Di sana disebutkan HGB hanya bisa diperpanjang sekali, dengan kemungkinan diperpanjang sekali lagi. Artinya kalau HGB Anda sudah pernah diperpanjang sekali, mana laku lagi dijual? Orang pembeli tidak akan mau membeli HGB yang sudah mau berakhir," tuturnya dalam video di Instagramnya itu.

Hotman pun meminta kepada seluruh rakyat untuk mengeluarkan suaranya untuk menolak rancangan tersebut.

"Ini sangat serius, seluruh rakyat terutama pemilik tanah HGB harus bersuara!" ungkap Hotman.

Ia pun membandingkan dengan perundang-undangan yang sedang berlaku saat ini yakni Undang-Undang Agraria yang menyebutkan HGB dapat diperpanjang berkali-kali, jika diurus tepat waktu.

"Sangat, sangat beresiko RUU Pertanahan yang sekarang sedang digodok oleh DPR. Ayo kita protes!" ujarnya.

[Gambas:Instagram]




Simak Video "Belum Mau Pensiun, Hotman Paris Masih Ingin Dikejar Cewek"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com