detikHot

celeb

Mengenang 70 Tahun Chrisye, Sang Penyanyi Legendaris Tanah Air

Senin, 16 Sep 2019 14:30 WIB Rizky Wika Shintya Devi - detikHot
Chrisye, sang penyanyi legendaris. Foto: (dok Ancol) Chrisye, sang penyanyi legendaris. Foto: (dok Ancol)
Jakarta - Dua belas tahun sudah musisi Chrismansyah Rahadi atau akrab disapa Chrisye meninggal dunia. Pria kelahiran Jakarta, 16 September 1949 itu mewariskan karya-karya yang masih populer hingga kini. Dia menjadi salah satu legenda musik pop di Indonesia.

Bahkan hari ini gambar Chrisye dijadikan Google Doodle di Google, salah satu situs pencarian terbesar di dunia. Ini sebagai bentuk apresiasi Google terhadap kiprah Chrisye selama 40 tahun berkarya di dunia musik. Chrisye meninggal dunia di usia 57 tahun pada tanggal 30 Maret 2007.


Penasaran seperti apa sih sosok Chrisye yang terpampang di Google Doodle hari ini? Yuk, simak beberapa fakta menarik tentang Chrisye yang dirangkum detikHot dari berbagai sumber:

1. Biografi Chrisye

Sosok mendiang Chrisye ini faktanya bukan terlahir dari keluarga Muslim, ia lahir di keluarga keturunan Tionghoa-Indonesia. Ayahnya, Laurens Rahadi (Lauw Tek Kang) seorang wirausaha keturunan Betawi-Tionghoa dan ibunya, Hanna Rahadi (Khoe Hian Eng) merupakan ibu rumah tangga keturunan Sunda-Tionghoa. Chrisye merupakan anak kedua dari tiga anak lelaki, saudaranya bernama Joris dan Vicky.

Selama hidupnya Chrisye dikenang sebagai seseorang yang sederhana dan penyayang. Hal itu dibuktikan dengan salah satu kesaksian temannya bahwa ia lebih memilih makan di food court dibandingkan restoran mewah.

Pada tahun 1982, ia menikah dengan perempuan cantik yang juga seorang penyanyi dan berasal dari keluarga musisi. Istri Chrisye bernama Damayanti Noor dan memiliki empat orang anak antara lain Rayinda Prashatya, Rizkia Nurannisa, Randa Pramasha, dan Risty Nurraisa. Setelah menikah, ia juga sering mencuri waktu untuk menjemput anak-anaknya dari sekolah.

2. Karir

Sejak kecil, Chrisye sering mendengarkan alunan musik dari piringan hitam milik ayahnya. Saat masih duduk di bangku sekolah dasar, ia sering menyanyikan lagu-lagu penyanyi internasional dan ketertarikan sebagai seorang penyanyi muncul saat zaman The Beatles. Melihat ketertarikan Chrisye, ayahnya mendukungnya dengan membelikan sebuah gitar bas.

Pada tahun 1960, ia menjadi salah satu anggota band 'Sabda Nada' yang kemudian berganti nama menjadi 'Gipsy' hingga pada tahun 1973, ia pergi ke New York bersama band tersebut untuk main musik. Kembalinya ke Indonesia, ia kembali lagi ke New York dengan band lain yaitu The Pro's.

Pada tahun 1976, dia dengan band Gipsy dan Guruh Soekarnoputra merekam album indie yang berjudul Guruh Gipsy. Suara khas sosok Chrisye yang lembut membuat ia memulai solo karirnya dengan meluncurkan album hitsnya Sabda Alam pada tahun 1978. Semasa berkarir di dunia musik ia telah menghasilkan karyanya sebanyak 31 album, 21 album studio dan 9 album kompilasi.

3. Seorang Mualaf

Terlahir di keluarga non muslim, sosok Chrisye rupanya telah mengalami pergolakan batin hingga ia menekuni agama Islam. Meskipun begitu, keputusan Chrisye agama masih memendam keinginannya untuk berpindah agama dan menceritakan hal tersebut dengan ayahnya hingga ayahnya mengerti kondisinya tersebut. Pada akhirnya, ia menikahi Damayanti (Yanti) sebagai seorang mualaf hingga akhir hayatnya.

4. Perokok Berat

Faktanya sejak SMA, Chrisye telah merokok secara sembunyi-sembunyi hingga pada suatu hari ia tertangkap dan dihukum oleh pihak sekolahnya. Namun, hal tersebut tidak menghentikannya sebagai seorang perokok hingga ia menjadi perokok berat.

5. Penyakit Chrisye

Pada tahun 2005, ia mengalami sesak nafas hingga ia dibawa ke Rumah Sakit Pondok Indah dan dirawat selama 13 hari hingga ia pada akhirnya dipindahkan ke Rumah Sakit Mount Elizabeth di Singapura yang mana ia dinyatakan mengidap penyakit kanker paru-paru.

Akibat penyakitnya tersebut, ia harus menjalani kemoterapi sekitar enam kali dimulai pada tanggal 2 Agustus 2005 untuk perawatan pertama. Pada 30 Maret 2007, Chrisye meninggal karena penyakit kanker paru-parunya di rumahnya kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Ia dimakamkan di TPU Jeruk Purut hari itu juga.

6. Penghargaan

Selama berkarir, Chrisye banyak menerima penghargaan bergengsi dalam kategori sebagai penyanyi maupun karyanya. Salah satu penghargaan yang banyak didapatkan pada Chrisye album yang berjudul 'Kala Cinta Menggoda' yang memenangkan sebanyak sembilan penghargaan AMI. Meskipun telah tiada, sosoknya masih mampu memenangkan penghargaan dan pihak agensinya Musica mengeluarkan dua album kompilasi di seratus hari meninggalnya Chrisye.

7. Google Doodle Chrisye (2019)

Tahukah kamu bahwa Google tepatnya hari ini mengapresiasi sosok Chrisye melalui tampilan animasi khusus di halaman pertama pencarian Google?

Pada tanggal 16 September 2019, Google memasang doodle berupa gambaran dirinya memakai setelan kemeja dan kacamata sambil memegang gitar dengan background gambaran lilin-lilin sesuai dengan salah satu lagu hitsnya, yaitu 'Lilin-Lilin Kecil'.

Faktanya kemunculan sosok Chrisye di Google Doodle bertepatan dengan 70 tahun kelahiran sang legenda musik Indonesia. Di balik doodle Chrisye tersebut merupakan hasil karya buatan Antares Hasanbasri, seniman asal Yogyakarta.

Antares menyatakan bahwa pembuatan doodle tersebut memang terinpirasi dari lagu hitsnya berupa 'Lilin-Lilin Kecil' yang mana berbicara tentang semangat penuh harap yang dilambangkan dengan lilin.




Simak Video "Tiru Najwa Shihab, Ini Jawaban Arie Kriting Saat Ditanya 2 Pilihan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com