detikHot

celeb

Mengenang Ida Laila, Penyanyi Dangdut Senior yang Tutup Usia

Kamis, 12 Sep 2019 16:00 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
Mengenang Ida Laila, Penyanyi Dangdut Senior yang Tutup Usia Foto: Deny Prastyo Utomo Mengenang Ida Laila, Penyanyi Dangdut Senior yang Tutup Usia Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta - Kabar duka datang dari dunia musik Indonesia. Penyanyi dangdut senior Ida Laila meninggal dunia di usia 75 tahun.

Kabar itu disampaikan oleh Elvy Sukaesih. Dari informasi yang ia sampaikan, pelantun 'Sepiring Berdua' tersebut mengembuskan napas terakhirnya pada 12 September 2019, pukul 2.00 WIB.

"Semoga almarhumah Husnul Khotimah, Aamiin Yaa Robbal'Alamiin," tulis Elvy Sukaesih.



Nama Ida Laila memang lebih dikenal di era '70-an sebagai penyanyi lagu-lagu melayu dan dangdut. Berikut profil pedangdut senior Ida Laila yang dirangkum detikHot dari berbagai sumber.

1. Asli Surabaya

Ida Laila lahir dengan nama Murah Ati di Surabaya, 27 November 1943. Ia merupakan puteri dari pasangan Sukur dan Murji'ah. Bakat menyanyinya sudah terlihat sejak usia 10 tahun.

2. Debut di Dunia Musik

Ida Laila melakukan debutnya di dunia musik pada tahun 1960, saat ia berusia 17 tahun. Saat itu merilis lagu berjudul 'Siksa Kubur'.

3. Lagu Ida Laila

Ida Laila telah merekam puluhan album bersama beberapa grup orkes musik dan juga lewat kolaborasi dengan musisi lainnya. Ia pernah bergabung dengan OM Sinar Kumala, OM Awara dan OM Sonata. Ia juga pernah berkolaborasi dengan S. Achmadi, Mus Mulyadi dan Ike Nurjanah.

Beberapa lagu Ida Laila yang paling banyak dikenal publik adalah 'Siksa Kubur', 'Sepiring Berdua', 'Keagungan Tuhan' dan 'Pergi Tanpa Pesan'.

4. Dikaruniai 5 Anak

Ida Laila menikah dengan Mulyono pada tahun 1963. Keduanya dikaruniai 5 anak yang salah seorangnya sudah meninggal dunia. Ia juga telah dikaruniai 10 cucu dan dua cicit.



5. Jadi Penceramah

Ida Laila telah lama pensiun dari dunia tarik suara. Setelah pensiun, ia justru sibuk menjadi penceramah. Di tengah-tengah ceramah itu, Ida sering menyelipkan suara emasnya dan menyanyikan lagu-lagunya yang populer.

6. Derita Penyakit Komplikasi

Putra pertama Ida Laila, Agung Moerijanto (55) mengatakan ibundanya sakit sejak enam tahun lalu. Penyakit yang diderita yakni diabetes, kolesterol, asam urat dan darah tinggi. Saat sakit, Ida Laila pernah dijenguk oleh Evie Tamala dan Ikke Nurjanah.

7. Meninggal di Usia 75 Tahun

Setelah berjuang melawan penyakit komplikasi, Ida Laila mengembuskan nafas terakhir di RSUD Soedono Madiun, Kamis (12/9/2019) sekitar pukul 02.00 WIB. Ia meninggal dunia di usia 75 tahun.

Jenazah almarhumah dimakamkan di TPU Rangkah, Surabaya sekitar pukul 09.00 WIB dan bersanding dengan makam anaknya nomor empat.

"Dimakamkan di Kapas Krampung. Karena beliau minta dimakamkan disandingkan sama anak yang nomor empat. Itu amanah jadi mau tidak mau saya harus melaksanakan. Permintaan sudah sekitar satu tahun," tandas Agung, anak pertama Ida Laila.


Simak Video "Asam Manis Perjuangan DWP Bawa Calvin Harris ke Jakarta Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com