detikHot

celeb

BJ Habibie dan Kisah Hidup di Dunia Hiburan

Kamis, 12 Sep 2019 07:10 WIB Nugraha - detikHot
Halaman 1 dari 2
BJ Habibie dan Kisah Hidup di Dunia Hiburan Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Di luar kiprahnya di dunia sains dan politik, BJ Habibie ternyata cukup dekat dengan industri hiburan. Dirinya bahkan pernah menjadi inspirasi penyanyi cilik tahun 90'an yakni Joshua Suherman untuk menyanyikan lagu 'Kapal Terbang'.

Lagu yang dirilis pada tahun 1997 itu menggambarkan bagaimana anak-anak kecil di masa tersebut banyak yang terinspirasi olehnya dan ingin menjadi seorang Profesor. Bahkan Joshua sempat datang berkunjung ke ruang kerja Pak Habibie usai rilisnya lagu itu.

Satu dekade lebih muncul film yang mengisahkan Pak Habibie lewat sisi humanisnya, yakni seorang pria yang menjalin cinta dan mengajak kekasihnya itu tinggal di luar negeri lewat 'Habibie & Ainun' yang rilis pada tahun 2012 akhir.


Film tersebut jadi jembatan untuk film-film lainnya yang akan diangkat dari kisah Presiden ke-3 Republik Indonesia. Selain tingginya rasa cinta kepada tanah air, Habibie yang diperankan oleh Reza Rahadian itu juga menunjukan bagaimana besarnya kecintaanya terhadap sang istri, Ainun (yang diperankan Bunga Citra Lestari).

Tentunya kurang lengkap jika tak mengangkat perjuangan BJ Habibie muda yang berkuliah di luar negeri, lahirlah film 'Rudy Habibie' yang dirilis pada tahun 2016 dengan aktor yang sama. Lantas apakah alasan Habibie ingin ceritanya itu dibuat menjadi sebuah film? Alasannya sederhana, ia hanya ingin lahirnya para tokoh inspirasional lainnya yang cinta tanah air.

(nu2/doc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com